Sukses

Daya Tahan Tubuh Anak Setara dengan Atlet Olahraga Profesional

Sering lelah ketika bermain dengan anak-anak? Mungkin karena Anda sama saja berurusan dengan atlet olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Sering kelelahan dan kewalahan ketika harus bermain dengan anak-anak? Tentu saja, karena ternyata mereka punya daya tahan tubuh yang sama dengan atlet profesional.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti di Edith Cowan University in Australia dan Université Clermont Auvergne di Prancis.

Mereka mempelajari penggunaan energi dan pemulihan pasca olahraga pada kelompok anak berusia 8 hingga 12 tahun, serta atlet dewasa terlatih dan orang dewasa yang tidak terlatih secara fisik.

Melansir New York Post, Rabu (25/4/2018), tiga kelompok itu melakukan serangkaian aktivitas fisik dengan intensitas tinggi. Hasilnya, anak-anak tersebut bisa mengungguli orang dewasa.

"Kami menemukan anak-anak menggunakan lebih banyak metabolisme aerobik. Karena itulah, mereka kurang lelah selama kegiatan fisik intensitas tinggi," ujar penulis studi dan ahli fisiologi olahraga, Sébastien Ratel.

"Mereka pulih dengan sangat cepat. Bahkan lebih cepat daripada atlet dewasa dengan ketahanan tubuh yang terlatih."

Ratel menambahkan, inilah mengapa anak-anak memiliki kemampuan untuk terus menerus bermain, bahkan lebih lama dan membuat orang dewasa kelelahan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membantu Anak Lebih Atletis

Hasil temuan ini membantu orangtua yang punya keinginan untuk membentuk anak-anak agar menjadi lebih atletis.

"Studi kami menunjukkan, daya tahan otot yang dilakukan sering pada anak-anak sangat baik untuk mereka. Mungkin lebih baik berfokus pada bidang fitness lain seperti teknik olahraga, kecepatan lari, atau kekuatan otot," tulis Ratel.

Menurutnya, ini bisa membantu mengoptimalkan latihan fisik pada anak-anak, sehingga mereka tampil lebih baik serta lebih banyak menikmati olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini