Sukses

Jangan Katakan 5 Hal Ini pada Orang Narsis

Apabila berhubungan dengan seseorang yang memiliki kepribadian narsistik, jangan ucapkan 5 hal ini kepadanya.

Liputan6.com, Jakarta Berhubungan dengan orang narsis, atau seorang dengan harga diri tinggi yang terus meningkat, terkadang sulit. Setiap kata yang Anda ucapkan bisa membuat percakapan santai berakhir penuh argumen.

Namun, itu bukan salah Anda, menurut psikolog Ramani Durvasula, PhD mereka adalah orang yang tidak pandai mengatur emosi dan tidak mengelola frustrasi dengan baik.

"Mereka lebih seperti anak usia 3 tahun daripada orang dewasa. Mereka tidak mentolerir emosi yang kuat dengan baik," kata Durvasula seperti dilansir dari Health.com, Selasa (24/4/2018).

"Orang narsis sering mengendalikan orang dengan tantrum, karena kemarahan mereka bisa begitu mengkhawatirkan atau benar-benar menakutkan hingga semua orang menyerah," tambah penulis Should I Stay or Should I Go: Surviving a Relationship with a Narcissist.

Jika Anda ingin tetap tenang, beberapa hal ini tidak perlu dikatakan pada orang berkepribadian narsistik.

1. "Saya tidak melakukannya seperti itu"

Perkataan ini hanya membuat orang narsis mendengar bahwa yang dia lakukan tidak benar dan Anda bisa melakukannya dengan lebih baik.

"Itu mengancam harga diri mereka dua kali lipat," kata Durvasula. "Apa pun yang berbau kritik dan mengangkat orang lain menjadi lebih positif menurut mereka tidak bisa ditolerir."

2. "Anda Salah"

Orang narsis tidak suka konfrontasi langsung. Ini bisa membuat mereka terganggu. Walaupun begitu, bukan berarti Anda harus menahan lidah.

Cobalah perkataan yang lebih lembut seperti, "saya mendengarmu, tapi melihatnya sedikit berbeda."

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Peduli Kebenaran

3. "Ada apa denganmu?"

Orang narsis tidak suka melihat harga diri mereka menjadi rapuh. Untuk itu, ketahuilah apa yang ada dalam pikiran mereka.

Pilihlak kata-kata yang mencerminkan pemahaman dan keinginan untuk memahami bagaimana cara membantu mereka. Seperti, "kedengarannya seperti banyak hal sedang terjadi, apakah kamu mau membicarakannya?"

4. "Tapi kamu tidak pernah..."

Walaupun itu kelihatan benar, namun menuduh orang narsis apalagi ketika berada di sekitar orang lain, haruslah ditahan.

"Jika seorang narsis merasa bahwa citra mereka ternodai di depan umum, mereka akan marah," jelas Durvasula.

5. "Itu tidak benar"

Menurut psikoterapis dan penulis The Narcissist You Know: The Narcissist You Know: Defending Yourself Against Extreme Narcissists in an All-About-Me World, Joseph Burgo, satu- satunya hal yang penting bagi orang narsis adalah "kemenangan".

Jika Anda punya bukti kuat yang mendukung, mereka akan menanggapinya sebagai sebuah serangan.

"Orang narsis tidak peduli dengan kebenaran," kata Burgo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.