Cegah Malaria, Sereh Manjur Usir Nyamuk

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 24 Apr 2018, 20:00 WIB
Diperbarui 24 Apr 2018, 20:00 WIB
[Bintang] Tanaman Apotek Hidup
Perbesar
Sereh tidak disukai nyamuk dan menghindari manusia dari gigitan nyamuk. | via: youtube.com

Liputan6.com, Jakarta Sereh tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan memasak saja, melainkan manjur usir nyamuk. Artinya, demi mencegah gigitan nyamuk, terutama anopheles, pembawa malaria, masyarakat pun tidak hanya bisa menggunakan kelambu. 

Ditemui saat konferensi pers Hari Malaria Sedunia 2018 di Kementerian Kesehatan, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan Jane Soepardi menjelaskan soal sereh.

"Sereh bisa ditanam di permukiman atau di sekitar rumah warga. Ini biar nyamuk tidak bisa datang. Mencegah nyamuk agar tidak menggigit juga," kata Jane, ditulis Selasa (24/4/2018).

Nyamuk tidak menyukai sereh. Bau sereh yang sangat menyengat membuat nyamuk akan menjauhi manusia.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Taruh sereh di berbagai tempat

Nyamuk
Perbesar
Taruh sereh di beberapa tempat ampuh usir nyamuk. (iStockphoto)

Pemanfaatan sereh mengusir nyamuk juga bisa diterapkan dalam berbagai bentuk. Masyarakat bisa memotong-motong sereh, lalu menaruhnya di beberapa sudut rumah.

"Potong-potong saja sereh. Taruh di kolong meja atau di sudut-sudut rumah lain. Bisa juga ditaruh di dalam mobil (menghindari nyamuk masuk di mobil)," Jane menambahkan.

Aroma menyengat dari sereh berasal dari kandungan zat yang bernama citronella. Citronella inilah yang tidak disukai nyamuk.

Lanjutkan Membaca ↓