Sukses

Cegah Malaria, Sereh Manjur Usir Nyamuk

Bukan hanya kelambu saja, sereh juga manjur mengusir nyamuk.

Liputan6.com, Jakarta Sereh tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan memasak saja, melainkan manjur usir nyamuk. Artinya, demi mencegah gigitan nyamuk, terutama anopheles, pembawa malaria, masyarakat pun tidak hanya bisa menggunakan kelambu. 

Ditemui saat konferensi pers Hari Malaria Sedunia 2018 di Kementerian Kesehatan, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan Jane Soepardi menjelaskan soal sereh.

"Sereh bisa ditanam di permukiman atau di sekitar rumah warga. Ini biar nyamuk tidak bisa datang. Mencegah nyamuk agar tidak menggigit juga," kata Jane, ditulis Selasa (24/4/2018).

Nyamuk tidak menyukai sereh. Bau sereh yang sangat menyengat membuat nyamuk akan menjauhi manusia.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taruh sereh di berbagai tempat

Pemanfaatan sereh mengusir nyamuk juga bisa diterapkan dalam berbagai bentuk. Masyarakat bisa memotong-motong sereh, lalu menaruhnya di beberapa sudut rumah.

"Potong-potong saja sereh. Taruh di kolong meja atau di sudut-sudut rumah lain. Bisa juga ditaruh di dalam mobil (menghindari nyamuk masuk di mobil)," Jane menambahkan.

Aroma menyengat dari sereh berasal dari kandungan zat yang bernama citronella. Citronella inilah yang tidak disukai nyamuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.