Sukses

Mengulik Rahasia Persalinan Kate Middleton yang Cepat dan Lancar

Kate Middleton melahirkan ketiga anaknya dalam waktu yang tergolong cepat, secara normal dan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Kate Middleton melahirkan bayi ketiganya lima jam setelah sampai ke rumah sakit. Persalinannya lancar, tak membutuhkan obat penghilang sakit, dan tepat pada hari perkiraan lahir.

Untuk beberapa ibu, proses melahirkan anak-anak mereka bisa jadi pengalaman yang traumatis. Waktu persalinan yang panjang, terpaksa menggunakan epidural (obat penghilang sakit), atau bahkan berakhir dengan operasi caesar darurat.

Namun, kelahiran putra dan putri Kate Middleton dan Pangeran William, semuanya lancar, cepat, dan tanpa masalah. Apa rahasianya?

Melansir Daily Mail, Selasa (24/4/2018), kabarnya kunci rahasia Kate Middleton adalah teknik hypnobirthing. Metode kelahiran alami ini melibatkan relaksasi, teknik pernapasan untuk mengendalikan rasa sakit, serta visualisasi kelahiran sang bayi.

Teknik hypnobirthing telah dilakukan Kate Middleton sejak kelahiran anak pertamanya. Pangeran George lahir pada tanggal 22 Juli 2013, 10,5 jam setelah Kate tiba di rumah sakit.

Kelahiran Putri Charlotte pada 2 Mei 2015 malah lebih cepat lagi. Kate Middleton melahirkan anak keduanya ini, 2 jam 34 menit setelah tiba di rumah sakit.

Menurut para pakar, teknik hypnobirthing ini membantu para ibu untuk tetap tenang, ketika mereka berada pada proses persalinan.

Dengan menjaga tubuh agar tidak sampai pada kondisi "flight or fight mode", teknik ini merangsang pelepasan hormon oksitosin (yang menstimulasi rahim agar berkontraksi) dan endorfin (yang menumpulkan rasa sakit).

Teknik hypnobirthing membuat proses persalinan jadi lebih singkat, lebih tidak sakit, serta membuat ibu tidak perlu berlama-lama di rumah sakit. Teknik ini juga mengurangi gejala kecemasan setelah ibu melahirkan.

Teknik inilah yang membuat Kate Middleton selalu terlihat tenang dan segar setiap kali dia keluar dari rumah sakit bersama bayi barunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rajin Olahraga

Selama kehamilan, untuk menyiapkan kelahiran yang lancar Kate Middleton tidak hanya mengandalkan metode hynobirthing saja.

Sejak tanggal 22 Maret, satu bulan sebelum hari perkiraan lahir, Kate Middleton memang sudah berhenti melakukan tugas publiknya. Dia memilih untuk beristirahat dan mempersiapkan kelahiran si buah hati. Menurut Daily Mail, para bidan mengatakan hal ini sangatlah penting untuk persiapan kehamilan.

Dari sekitar usia kehamilan 34 minggu, Kate Middleton mulai mendorong bayinya agar berada di posisi yang tepat. Hal ini dilakukan Kate dengan cara berlutut di lantai, di atas bola melahirkan atau kursi.

Kate juga dikabarkan rajin berenang, di kolam renang Istana Buckingham, tempat dia mengantarkan George dan Charlotte belajar berenang. Kate juga melakukan olahraga ringan akhir minggu lalu dan selama akhir pekan.

Pakar mengatakan, berenang dengan santai bisa membantu calon ibu merasa lebih rileks. Hal ini karena, gerakan renang bisa melemaskan otot dan mengayun perut ibu. Efeknya, nyeri punggung akan berkurang dan sirkulasi tubuh juga jadi lebih lancar.

Sebelum kelahiran George, Kate dikabarkan mencoba sesi yoga kehamilan. Hal ini dilakukannya untuk membantunya merasa rileks, sekaligus mengencangkan otot-otot di sekitar area punggung dan pelvis.

Lima tahun berlalu, dengan kehadiran dua balita yang membuatnya sibuk, regime prenatal Kate jadi lebih terbatas.

Kini, istri Pangeran William itu lebih sering melakukan peregangan dan berjalan santai bersama Lupo, anjing English Cocker Spaniel milik keluarnya, mengitari taman Istana.

 

3 dari 3 halaman

Mengonsumsi makanan sehat

Dan tak cuma olahraga. Kate Middleton juga selalu mengonsumsi makanan sehat sepanjang kehamilannya.

Diet kehamilan Kate termasuk alpukat, bubur tinggi serat, disertai buah-buahan segar, sayuran, dan daging tanpa lemak.

Dua kali sehari, Kate juga akan minum green smoothies. Minuman hijau ini dia buat sendiri menggunakan kale, bayam, blueberries, dan spirulina, ganggang (algae) alami yang disebut-sebut sebagai "superfood kehamilan", yang tinggi protein dan zat besi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.