Sukses

Menteri Puan Ingin Letak Pemondokan Haji dan Pusat Kesehatan Tidak Berjauhan

Inilah yang menjadi fokus Puan Maharani saat meninjau langsung di Tanah Suci jelang musim haji.

Liputan6.com, Jakarta Letak kantor kesehatan haji yang terbilang jauh dengan pemondokan jamaah asal Indonesia menjadi fokus perhatian Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, saat meninjau langsung ke Tanah Suci.

Puan berharap, kondisi semacam ini tak terjadi pada musim haji 2019.

"Saya minta fasilitas kesehatan Indonesia siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi jemaah haji Indonesia. Siapkan dokter-dokter spesialis dari Indonesia," kata Puan, dikutip Dream dari laman kemenkopmk.go.id pada Senin, 23 April 2018.

Selain letak kantor kesehatan jemaah haji, Puan juga meminta Kementerian Agama dan Kedutaan Besar Indonesia untuk Arab Saudi agar mengusahakan pelayanan imigrasi khusus dari Kerajaan Saudi.

"Harus diupayakan permintaan pelayanan imigrasi khusus ke pemerintah Arab Saudi sehingga calon jemaah haji Indonesia tak kelelahan sebelum menunaikan ibadahnya. Penerbangan dari tanah air ke Arab Saudi sudah jauh dan melelahkan, jika saat pengurusan imigrasi masih antre panjang, akan tambah melelahkan," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Puan Maharani

Dalam kunjungannya ke Arab Saudi, Puan meninjau kondisi pemondokan calon jemaah haji Indonesia 2018 di Madinah. Salah satu pemondokan jemaah haji Indonesia di Madinah, yaitu Taiba Arac Suites yang berdaya tampung 3.300 orang.

"Saya melihat langsung pemondokan yang disiapkan di Madinah, fasilitasnya sangat bagus dan persis di depan Masjid Nabawi," kata dia.

Puan berharap ke depannya, Kementerian Agama dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dapat mengkaji kemungkinan pembangunan hotel di Arab Saudi.

Sebab, selain dapat menampung jemaah haji, hotel tersebut dapat disewakan kepada penyelenggara umrah.

Reporter : Maulana Kautsar / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.