Sukses

Tanpa Seks, Ini Cara Tetap Intim dengan Suami Usai Melahirkan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan tetap intim dengan suami usai melahirkan. Salah satunya dengan pelukan.

Liputan6.com, Jakarta Usai melahirkan, ibu butuh waktu beberapa saat sebelum kembali berhubungan seksual. Dokter biasanya menyarankan boleh berhubungan intim enam minggu sesudah melahirkan, karena luka robek akibat melahirkan normal atau pascaoperasi caesar umumnya sudah pulih.

Sesungguhnya, usai melahirkan  wanita masih bisa menjalin keintiman dengan suami. Ada beragam cara yang bisa dilakukan agar pasangan tetap intim, seperti yang disampaikan psikolog klinis dewasa yang tertarik di bidang hubungan dan seksualitas, Inez Kristanti.

"Meskipun tubuh belum bisa kembali melakukan hubungan seks, pertahankan keintiman dengan berpelukan, berpegangan tangan, saling menyentuh, atau ciuman," kata Inez di peluncuran buku Anti Panik Menjalani Kehamilan dari TigaGeneresi di Jakarta.

Dengan hal-hal sederhana seperti di atas, hubungan sebagai suami dan istri tetap terjaga usai melahirkan. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kencan singkat

Di bulan-bulan awal usai melahirkan, fokus kehidupan biasanya hanya pada sang buah hati. Ketika kondisi ibu sudah benar-benar pulih dan luka akibat persalinan sudah membaik, tak ada salahnya kencan singkat dengan pasangan seperti saran Inez.

Anda bisa meminta bantuan orangtua atau mertua untuk menjaga buah hati sebentar. Sehingga, Anda dan pasangan bisa keluar sebentar menikmati waktu berdua sebagai seorang suami-istri.

"Buatlah pasangan merasa masih memikirkannya dan menginginkan kedekatan fisik," kata Inez lagi.

Beragam tips menuju, saat, dan sesudah melahirkan selengkapnya bisa Anda baca di buku terbaru dari TigaGenerasi Anti Panik Menjalani Kehamilan yang ditulis oleh pakarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.