Sukses

Sebaiknya Anda Tidak Makan 9 Makanan Ini Sebelum Tidur (2)

Ketika mengalami sulit tidur, Anda mungkin memiliki kebiasaan makan. Namun demikian, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta Susah tidur sering menjadi alasan seseorang untuk mengonsumsi makanan, baik yang ringan maupun berat. Namun demikian, beberapa makanan yang Anda konsumsi justru dapat menurunkan kualitas tidur.

Dilansir dari Reader Digest, Senin (23/4/2018), melanjutkan artike sebelumnya, berikut adalah sembilan makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi sebelum tidur.

5. Coklat

Selain segelas kopi, makanan lainnya yang patut Anda hindari sebelum tidur adalah coklat. Hal ini karena satu ons coklat mengandung sekitar 23 miligram kafein, yang setara dengan seperempat cangkir kopi. Meski terasa nikmat, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan ini sebelum tidur.

6. Air putih

Minum air putih ketika menjalankan aktivitas sehari-hari merupakan hal yang sangat baik, tetapi tidak saat sebelum tidur. Hal ini karena minum air putih terlalu banyak sebelum tidur dapat membuat Anda cenderung sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Shane menyarankan Anda untuk minum air putih secukupnya pada siang hari dan saat makan malam. Hal ini akan menjaga tubuh tetap terhidrasi, tetapi tidak membuat Anda harus pergi ke kamar mandi terlalu sering hanya untuk buang air kecil.

7. Kopi

Anda semua pasti memahami kopi mengandung kafein, zat yang menjadi penyebab kesulitan tidur. Akan tetapi, jika termasuk pecandu kopi, Anda dapat mengonsumsi kopi paling lambat saat sore hari, menurut Shane. Tak hanya itu, Anda dapat mengonsumsi kopi tanpa kafein di sore hari, agar kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8. Es krim kopi

Sebagian orang terbiasa mengonsumsi makanan penutup usai makan malam, salah satunya es krim. Makanan dingin ini tersedia dalam berbagai varian rasa, salah satunya kopi. Meski dalam bentuk es krim, kandungan kafein khas kopi tetap ada. Winter mengatakan bahkan sebagian es krim mengandung biji kopi di dalamnya.

Oleh sebab itu, Winter menyarankan bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi makanan penutup seperti es krim kopi, sebaiknya kurangi jumlahnya. Selain itu, perhatikan kadar kafein yang terdapat pada daftar nutrisi di kemasan es krim tersebut.

9. Susu protein tinggi

Minuman ini umumnya dikonsumsi mereka yang melakukan aktivitas fisik. Namun demikian, sebaiknya hindari konsumsi minuman tersebut sebelum tidur. Hal ini karena minuman tersebut mengandung kafein yang biasa dimanfaatkan oleh para atlet agar memiliki energi lebih besar.

Selain itu, kandungan protein pada minuman tersebut dapat membuat Anda semakin sulit untuk tidur. Winter menganjurkan untuk mengonsumsi susu protein tinggi yang biasa dikonsumsi setelah aktivitas fisik, bukan sebelum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.