Sukses

Jerawat Kerap Muncul di Tempat yang Sama? Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Tempat munculnya jerawat terkadang mudah untuk diprediksi. Hal ini kerap disebut sebagai "fenomena pola jerawat". Biar pun begitu, tetap saja Anda merasa terganggu dengan munculnya gangguan kecil di wajah ini.

Dilansir dari Reader's Digest pada Senin (23/4/2018), dokter kosmetik dan direktur medis di Ottawa Skin Clinic, Amerika Serikat, Alain Michon, MD, ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa jerawat bisa muncul di tempat yang sama.

1. Memakai kosmetik yang salah

Harga terkadang bukan penentu apakah kosmetik sesuai dengan wajah Anda atau tidak.

"Kosmetik komedogenik (memicu timbulnya komedo) menyebabkan penyumbatan di pori-pori dan menyebabkan jerawat keluar dari komedo," kata dr. Michon. Menurutnya, jika ada area tertentu dari kulit yang pecah terus-menerus, periksalah apabila kosmetik tersebut yang menyebabkan hal itu terjadi.

Idealnya, semua produk kosmetik haruslah non-komedogenik.

2. Produk rambut

Jika jerawat terus-menerus muncul di dahi, mungkin perawatan rambut menjadi penyebabnya. Produk seperti semprotan atau minyak rambut bisa disalahkan untuk ini.

"Produk semacam ini tidak dioptimalkan untuk perawatan kulit. Bahan-bahannya dapat menyebabkan jerawat," ungkap Michon.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kosmetik dan Menyentuh Wajah

3. Memakai kosmetik berlebihan

Jerawat bisa dipicu oleh panas berlebih, tekanan, atau gesekan pada kulit. Jerawat di dekat mata contohnya. Hal itu bisa muncul akibat pemakaian eye shadow yang berlebihan.

4. Menyentuh wajah

Orang kadang tidak sadar membelai wajahnya atau menyandarkan dagu di tangan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Infectious Diseases, rata-rata orang menyentuh wajahnya 3.6 kali per jam.

Kebiasaan ini memindahkan bakteri dari tangan ke wajah dan menyebabkan jerawat.

"Semakin sering Anda menyentuh area tertentu di wajah, makin besar kemungkinan area tersebut terekspos bakteri dan minyak," ujar Michon.

 

3 dari 3 halaman

Jerawat dan Faktor Internal

5. Memecahkan jerawat

Memecahkan jerawat memang kadang menyenangkan, tapi hal itu hanya untuk sementara.

"Meskipun memecahkan jerawat terlihat sebagai solusi yang cepat, melakukannya dapat mengekspos pori-pori dengan bakteri," kata Michon.

Hal ini menciptakan siklus yang membuat jerawat terjadi di area yang sama. Untuk itulah, disarankan cara yang disetujui dokter kulit untuk menghilangkan jerawat.

6. Hormon

Terkadang penyebab jerawat muncul di tempat yang sama bukanlah dari luar tubuh, tapi hormon atau faktor internal dari dalam tubuh.

Sebuah praktik untuk mendiagnosis masalah kesehatan dilihat dari wajah atau "pemetaan wajah" yang berasal dari Cina kuno, saat ini telah banyak mengalami perubahan.

Namun, praktik tersebut intinya sama. Anda bisa menemukan potensi masalah kesehatan hanya dari posisi jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.