Sukses

Ini Aturan Pemberian MPASI Sesuai Usia Bayi

Liputan6.com, Jakarta Para ibu baru terkadang bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan pedamping ASI (MPASI) pada buah hati mereka. Terlalu dini memberi makanan pada bayi bisa berakibat fatal pada ususnya.

Bayi yang sudah genap 6 bulan bisa mulai diperkenalkan pada makanan pendamping. MPASI diberikan ketika bayi sudah mulai aktif, sehingga memerlukan energi yang banyak.

Dalam praktiknya, asupan pendamping ASI ini diberikan sesuai dengan umur bayi. Jangan terlalu sering ataupun jarang.

Mom, berikut ini adalah saran terbaik berapa kali untuk memberikan MPASI pada bayi berdasarkan umurnya. Cek penjelasannya di bawah ini.

Bayi Usia 6 Bulan

Saat bayi berusia 6 bulan, atau masih awal menerima asupan MPASi sebaiknya cukup dua kali sehari saja. Jangan berlebihan karena pencernaan bayi masih berlatih untuk mencerna makanan padat dan asupan selain ASI.

Bayi Usia 6-9 Bulan

Bayi pada usia ini sudah mulai mengenal MPASI, bayi juga sudah mulai terbiasa mencerna makanan yang padat. Saat usia ini mom dapat memberikan MPASI 3 kali sehari sudah termasuk dengan snack atau buah potong. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bayi usia 9-11 bulan

Bayi Usia 9-11 Bulan

Saat usia 9-11 bulan bayi sudah mulai kuat. Ia juga sudah mengenal berbagai macam makanan. Bayi pada usia ini juga sudah memiliki aktifitas yang padat. Maka bayi di usia 9-11 bulan disarankan untuk diberi 4 kali MPASI dan snack.

Bayi Usia 12-24 Bulan

Bayi di atas usia 1 tahun sudah memiliki aktifitas yang padat. Mom dapat memberikan MPASI 5 kali sehari. Jangan lupa untuk menambahkan snack untuk asupan nutrisi hariannya.

Mom, demikian saran pemberian MPASI pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat dan si kecil tumbuh sehat dan kuat.

 

Reporter: Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.