Sukses

5 Keuntungan Jadi Ibu di Usia 35 ke Atas

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology mengungkapkan ibu yang hamil di usia 35 hingga 39 akan memiliki anak dengan kemampuan kognitif dan verbal yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang ibu di atas usia 30 memang berisiko. Banyak orang berpikir hamil di usia tua dapat membahayakan kesehatan bayinya ketika lahir. Namun demikian, dalam setahun ini, sebuah penelitian menunjukkan seorang wanita yang hamil di usia 35 tahun memiliki banyak keuntungan.

Dilansir dari Step to Health, Sabtu (21/4/2018), beberapa studi menunjukkan usia aman untuk memiliki anak yakni antara 20 hingga 35. Namun, penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology mengungkapkan ibu yang hamil di usia 35 hingga 39 akan memiliki anak dengan kemampuan kognitif dan verbal yang lebih baik.

Tak hanya itu, menjadi ibu saat berumur 35 tahun ke atas pun memiliki banyak manfaat lain. Berikut adalah lima manfaat menjadi seorang ibu saat berumur di atas 35 tahun.

1. Menghadapi kehamilan dengan lebih dewasa

Menjadi seorang ibu ketika berumur di atas 35 tahun membuat wanita sadar akan risiko kehamilan yang dihadapinya. Hal ini membuat mereka berusaha keras untuk menjaga diri dan memiliki perencanaan yang matang untuk perubahan hidup di kemudian hari. Namun demikian, bukan berarti ibu muda tidak dapat menjadi lebih dewasa.

2. Perekonomian yang stabil

Secara umum, wanita berusia di atas 35 lebih mapan secara akademis dan karir profesional. Hal ini menunjukkan mereka cenderung menerima pendapatan yang stabil. Hal ini membuat mereka dapat memberikan banyak waktu dan perhatian untuk sang buah hati ketika menjadi ibu. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emosi Lebih Stabil

3. Lebih berpengalaman

Wanita yang menjadi ibu dengan umur yang lebih tua umumnya akan lebih mengerti, memiliki empati, dan lebih sabar dalam menghadapi tantangan saat bersalin. Selain itu, pengalaman yang berbeda sepanjang hidupnya akan membuat wanita dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya kelak.

4. Memiliki emosi yang stabil

Seiring bertambahnya usia, wanita akan lebih banyak belajar untuk menentukan pilihan, menerima kesalahan yang dibuat oleh anak-anaknya, lebih tangguh dan mengembangkan hubungan yang lebih stabil dengan mereka.

5. Memiliki gaya hidup lebih sehat

Wanita yang berusia di atas 30 memiliki pemahaman yang lebih baik soal melakukan pola hidup sehat. Umumnya, mereka akan melakukan pola hidup sehat, seperti diet dan kebiasaan melakukan aktivitas fisik. Dengan begitu, wanita tidak akan mengalami perubahan pola hidup secara drastis ketika kelak memiliki anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.