Sukses

Gampang Cemas Saat Hamil, Normal Enggak Sih?

Selain diliputi perasaan bahagia, tak sedikit ibu yang jadi gampang cemas selama hamil.

Liputan6.com, Jakarta Hamil merupakan fase yang luar biasa bagi seorang perempuan. Selain diliputi perasaan bahagia, tak sedikit ibu yang jadi gampang cemas selama menjalani kehamilan.

"Sebetulnya, kecemasan itu wajar dialami oleh ibu yang hamil, apalagi yang baru pertama kali," kata psikolog klinis dewasa dari TigaGenerasi Tiara Puspita dalam peluncuran buku Anti Panik Menjalani Kehamilan di Jakarta ditulis Jumat (20/4/2018).

Kecemasan biasanya terjadi di trimester pertama, karena ini adalah masa-masa penyesuaian ibu. Di tiga bulan pertama ada banyak perubahan terjadi mulai dari identitas baru sebagai ibu hamil, perubahan hormon, gejala kehamilan yang amat terasa.

Lalu, muncul juga kebingungan karena orang-orang sekitar menampaikan banyak saran terkait kesehatan ibu dan bayi. Belum lagi, ibu juga kerap cemas akan kesehatan janin.

Nah, memang semua hal tersebut bisa memengaruhi kondisi emosional ibu hamil.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciri ibu hamil cemas berlebihan

Tiara mengingatkan juga, walau kecemasan saat hamil itu normal, perlu dilihat sejauh mana perasan tersebut meliputi ibu. Apakah frekuensinya jarang atau sering sampai mengganggu aktivitas sehari-hari?

"Kalau sudah sampai mengganggu, sebaiknya harus dikonsultasikan ke ahli, seperti psikolog," saran Tiara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.