Sukses

Terungkap, Cara Aman Redakan Depresi: Makan Buah dan Sayuran Mentah

Ternyata makan sayuran mentah dan buah-buahan tak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga bisa membantu meredakan depresi serta penyakit mental lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata makan buah-buahan dan sayuran mentah tak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga bisa membantu meredakan depresi serta penyakit mental lainnya. Hal itu diungkap oleh sebuah studi baru.

Kuncinya terletak pada jenis buah dan sayuran yang akan dikonsumsi, bukan kuantitas atau jumlahnya.

Para ahli dari University of Otago, New Zealand mengatakan, buah-buahan dan sayuran mentah jauh lebih baik bagi kesehatan mental dibandingkan buah dan sayuran kalengan yang telah diproses.

"Riset kami telah menggarisbawahi bahwa konsumsi buah dan sayuran yang tak diproses lebih sering dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan buah dan sayur yang dimasak/diproses/dikalengkan," ujar penulis utama studi yang juga bergelar PhD di bidang psikologi, Kate Brookie, melansir laman New York Post, Jumat (20/4/2018).

Alasannya sederhana, buah-buahan dan sayuran yang dimasak dan diproses akan berkurang kandungan nutrisinya. Jadi ketika kita mengonsumsi buah dan sayuran tersebut, kita tak mendapat manfaat maksimal dari nutrisinya, rekan penulis riset Dr Tamlin Conner yang juga dosen psikologi. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah dan Sayuran Apa Saja?

Studi terbaru ini melibatkan lebih dari 400 orang usia 18 hingga 24 di New Zealand dan AS. Dalam Studi yang diterbitkan di Frontiers in Psychology ini, para relawan dipantau jumlah buah dan sayuran mentah yang mereka asup. Peneliti juga melihat kesehatan mental para relawan berdasarkan kualitas tidur, olahraga, faktor sosio-ekonomi, serta jenis kelamin mereka.

"Dengan mengontrol jenis buah dan sayuran yang diasup, terlihat kadar yang lebih rendah dari gejala gangguan mental seperti depresi. Kesehatan psikologis mereka juga meningkat, termasuk memiliki mood positif serta kepuasan hidup," ujar Conner.

Tapi tanda kesehatan mental tersebut berkurang secara signifikan pada mereka yang mengonsumsi buah san sayuran yang dimasak, diproses, atau dikalengkan.

Para peneliti meyakini, hasil riset mereka sangat penting karena perubahan gaya hidup melalui pola makan bisa meningkatkan kesehatan mental.

Lantas, buah-buahan dan sayuran mentah apa saja yang dianjurkan untuk memperbaiki kesehatan mental? Para peneliti menyebut wortel, pisang, apel, sayuran hijau seperti bayam, selada, grapefruit, beri, buah-buahan jenis sitrus, kiwi, dan mentimun adalah yang paling baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.