Trik Simpan Sayuran Hijau agar Segar Lebih Lama

Oleh Liputan6.com pada 20 Apr 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 22 Apr 2018, 11:13 WIB
Ilustrasi sayuran hijau (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Sayuran hijau adalah sumber nutrisi yang memberikan banyak manfaat sehat untuk tubuh. Wajar kalau setiap rumah menyimpan makanan ini di dalam kulkas mereka.

Namun sayang, menyimpan sayur di lemari es terlalu lama tidak jarang akan membuat sayuran berwarna kuning, tidak segar seperti baru dibeli dan teksturnya juga tidak seenak saat masih segar. Lalu, bagaimana tips cerdas menyimpan sayuran hijau agar tahan lama dan tetap segar?

Pilih Sayur Baru & Berkualitas Bagus

Saat membeli sayuran hijau, pastikan untuk membeli sayur yang masih baru dan berkualitas bagus. Umumnya, sayur yang masih bagus tampak segar seperti sayuran yang masih hidup, teksturnya cukup keras dan tidak layu.

Cuci Sayur Sebelum Disimpan

Setelah memastikan sayur yang kamu beli bagus, cuci sayur tersebut dengan air mengalir. Tidak perlu mencucinya berulang kali, cuci dengan dua sampai tiga kali siraman. Tiriskan sayur selama beberapa saat agar kandungan airnya berkurang. Menyimpan sayuran hijau dengan kandungan air berlebih justru membuat sayur mudah busuk.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

2 of 2

Simpan Sayur di dalam Plastik

Cara menyimpan sayuran (iStock)
Masukkan sayuran ke dalam plastik sebelum disimpan di kulkas. (iStockphoto)

Sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, pastikan untuk membungkus sayuran dengan plastik kedap udara. Sayur yang dibungkus di dalam plastik selain awet segar juga akan senantiasa bersih dan tidak membuat lemari es bau.

Susun Rapi Sayur di Lemari Es

Usahakan untuk menyimpan sayur dengan menyusunnya rapi di dalam lemari es. Satukan sayur jenis satu dengan sayur lainnya. Tempatkan sayur yang beratnya ringan di bagian paling sementara sayur atau makanan lain yang keras di bagian bawah.

Ladies, itulah tips cerdas menyimpan sayuran hijau di lemari es agar tahan lama dan tetap segar. Dengan penyimpanan ini, sayur bisa bertahan hingga satu minggu. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. Jika kamu punya tips lain, jangan lupa buat share juga di kolom komentar ya.

Penulis: Rohmitriasih. Sumber: Vemale.com

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by