Sukses

Kesuburan Bisa Menurun Gara-Gara 3 Hal Ini

Salah satu hal yang memengaruhi kesuburan adalah kebiasaan dan gaya hidup seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab masalah kesuburan itu multifaktor. Salah satu hal yang memengaruhi kesuburan adalah kebiasaan dan gaya hidup seseorang.

Namun, siapa sangka hal yang dianggap biasa rupanya bisa memengaruhi kesuburan. Berikut tiga hal tersebut mengutip Popsugar.

- Konsumsi ibuprofen berlebihan

Ibuprofen merupakan obat bebas yang mudah dibeli di mana pun. Obat ini dikonsumsiuntuk meredakan nyeri. Namun, menurut penelitian yang dipublikasi dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, pria yang rutin mengonsumsi obat ini dalam keseharian bisa mengalami hipogonadisme (produksi hormon testosteron berkurang). Hal ini bisa memicu pada ketidaksuburan.

- Kekurangan iodin

Menjaga bobot tubuh dalam level normal adalah satu cara untuk meningkatkan kemungkinan hamil pada perempuan. Dalam mengatur pola makan agar berat badan tetap normal, perhatikan juga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan Anda mendapat asupan iodin dengan dengan optimal.

Pasalnya, kekurangan iodin akan meningkatkan risiko penyakit tiroid yang akan berdampak buruk pada kesuburan. Anda bisa mendapatkan iodin dari yogurt, stroberi, telur rebus, pisang, dan rumput laut agar zat iodin dalam tubuh terpenuhi.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terlalu banyak konsumsi soda

Terlalu banyak konsumsi soda

Minuman bersoda dingin memang sangat nikmat. Apalagi dinikmati saat panas. Namun jangan mengonsumsinya berlebihan. Sebuah studi yang dipublikasi dalam American Journal of Epidemiology menemukan, minum satu atau lebih minuman bersoda setiap hari akan mengurangi kesuburan. Kandungan gula dalam minuman tersebut sangat tinggi. Lebih baik cari minuman yang lebih sehat dan segar seperti infused water atau jus buah asli.

 

 

Sumber: dream.co.id

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.