Sukses

Jangan Salah, Suami Juga Ikut Cemas Saat Istri Hamil

Bukan hanya perempuan yang kerap dilanda kecemasan saat hamil, rupanya suami juga ikut deg-degan saat istri mengandung.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya ibu yang dilanda kecemasan saat hamil, suami juga ikut deg-degan lho selama pasangan mengandung. Biasanya rasa cemas calon ayah muncul saat usia kehamilan pasangan masuk trimester kedua.

"Kalau di awal-awal istri hamil biasanya suami masih excited dan senang. Nah, memasuki trimester kedua dan ketiga muncul rasa cemas," kata psikolog TigaGenerasi yang praktik di Brawijaya Clinic, Pustika Rucita.

Ada beragam kecemasan berkecamuk di pikiran suami saat istri hamil. Mulai dari perubahan status yang tadinya hanya suami bakal juga menjadi ayah, beban finansial yang mungkin meningkat, hingga perubahan pergaulan sosial, seperti disampaikan Cita dalam peluncuran buku Anti Panik Menjalani Kehamilan.

Tak sedikit juga suami baru panik ketika istri jelang memasuki persalinan. Salah satu kecemasan para calon ayah, kata Cita, ini adalah melihat darah.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda kecemasan suami tak normal

Para ayah tak perlu panik bila merasakan kecemasan seperti di atas. Cita menegaskan kecemasan seperti itu normal.

"Namun, calon ayah harus tahu intensitas kecemasan. Apakah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari? Jika iya, sebaiknya dikonsultasikan dengan psikolog," pesan wanita lulusan Universitas Indonesia ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.