Sukses

Tubuh Pendek Susah Turun Berat Badan? Coba Cara Mudah Ini

Liputan6.com, Jakarta Punya tubuh pendek bukan berarti identik dengan tubuh gemuk. Namun, menurunkan berat badan memang jauh lebih sulit ketika Anda bertubuh pendek.

"Wanita pendek memiliki metabolisme yang lebih lambat," kata Presiden dari Obesity Medicine Association, Craig Primack, M.D. Walaupun begitu, bukan berarti memiliki tubuh pendek lantas berat badan tidak akan turun.

Dilansir dari Women's Health pada Kamis (19/4/2018), Anda yang bertubuh pendek bisa turun berat badan dengan beberapa tips berikut ini.

1. Makanlah sesuai kebutuhan

Sesuaikan makanan dan camilan dengan tingkat rasa lapar dan kebutuhan energi Anda. Menurut Betsy Opyt, R.D., hal ini lebih baik daripada berasumsi bisa makan dengan jumlah kalori yang sama, seperti wanita yang lebih tinggi.

Menurut studi dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang dengan metabolisme tinggi (ukuran tubuhnya juga lebih tinggi), akan lebih lapar ketimbang mereka yang metabolismenya lebih lambat, seperti mereka yang bertubuh pendek.

2. Lakukan angkat beban

Tidak dapat membuat tubuh tinggi, bukan berarti tingkat metabolisme Anda yang bertubuh pendek tidak bisa sama dengan mereka yang lebih tinggi. Menurut Opyt, yang penting adalah membangun otot yang ramping dan aktif secara metabolik.

Primack menyarankan bagi individu, angkatlah beban setidaknya dua hingga tiga kali per minggu. Prioritaskan beban berat dan gerakan yang melatih beberapa otot dengan menggunakan bobot yang lebih ringan, serta hanya pada satu otot di waktu tertentu.

"Lebih baik mengangkat dumbbell seberat 20 pon sekali, daripada dumbbell seberat 1 pon 20 kali," katanya. "Latihan untuk kegagalan otot lebih merangsangnya." 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protein dan Vitamin

3. Perbanyak protein

Protein bagus untuk menurunkan berat badan karena sangat mengenyangkan. Hal ini bagus jika Anda ingin memotong jumlah kalori.

Namun, jika ingin memiliki metabolisme yang sama dengan mereka yang lebih tinggi, Anda butuh protein untuk membangun otot.

Ulasan pada Journal of International Society of Sports Nutrition pada 2018 mengatakan, untuk mendapatkan hasil maksimal dari olahraga, konsumsi 0,4 hingga 0,55 gram protein per kilogram dari berat badan Anda empat kali dalam sehari.

4. Perhatikan vitamin dan mineral

Bicarakan dengan dokter apakah Anda perlu menggunakan multivitamin, serat, kalsium, atau suplemen lainnya.

Beberapa orang kadang kesulitan untuk mendapatkan semua nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi, terutama ketika mereka memutuskan untuk memangkas jumlah kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.