Sukses

Senyum Bikin Kamu Terlihat Lebih Keren

Sebuah penelitian menemukan, ketika terlihat tidak ekspresif, tingkat keren kamu malah berkurang.

Liputan6.com, Jakarta Apabila ada anggapan bahwa enggak senyum itu keren, pikir lagi. Pasalnya, sebuah studi menemukan senyum malah membuat kamu terlihat lebih keren.

Penelitian ini dipublikasikan di Journal of Consumer Psychology. Para peserta yang terlibat di sini menyatakan, orang yang secara emosional tidak ekspresif justru terlihat tidak keren, mereka tampak dingin.

"Ada keyakinan bahwa orang menjadi keren ketika bersikap tidak ekspresif," kata penulis utama dalam studi ini, Caleb Warren. Dia adalah asisten profesor pemasaran di Universitas Arizona, Amerika Serikat, seperti dilansir dari New York Post, Kamis (19/4/2018).

"Menjadi tidak ekspresif malah membuat orang terlihat kurang keren. Mereka akan terlihat lebih menarik bila tersenyum," tambahnya.

Untuk melakukan penelitian ini, Warren dan rekan-rekannya menunjukkan beberapa iklan cetak merek pakaian pada para peserta.

Model dalam iklan tersebut antara lain adalah Michael Jordan dan James Dean. Dalam gambar tersebut, para model memiliki dua ekspresi, tersenyum dan tidak.

Hasilnya, para peserta menganggap bahwa model menjadi lebih terlihat keren ketika mereka tersenyum

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbeda dengan Kompetisi

Dalam penelitian tambahan, ekspresi tidak tersenyum dalam konteks kompetisi dilihat sebagai dominasi dan membuat orang tersebut terlihat lebih keren. Hal ini diuji pada gambar seorang petarung MMA yang berinteraksi dengan lawannya sebelum pertandingan.

"Jika Anda berada di meja makan, tidak ekspresif berarti tidak keren. Namun, berbeda kalau di meja poker," kata Warren.

Warren menambahkan, keren bisa diartikan sebagai sifat positif dan subyektif yang kita rasakan pada seseorang, ketika mereka berperilaku secara otonom dengan cara yang tepat.

"Itu artinya mereka bebas mengikuti jalan mereka sendiri, serta dilakukan tanpa terlihat seperti orang brengsek atau mengganggu," tambah Warren.

Penelitian ini sendiri berguna pada bidang periklanan dan fesyen.

Jadi mulai saat ini, kalau kamu ingin terlihat lebih keren, tersenyumlah! Studi telah membuktikan, enggak senyum itu enggak keren.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.