Sukses

Penyakit Misterius Bakteri Pemakan Daging Menyebar di Australia

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penyakit misterius yang memakan daging menyebar di Australia. Sampai saat ini, belum ada yang tahu cara menghentikannya.

Hal tersebut bukanlah sebuah cerita film, namun kejadian yang benar-benar terjadi di negara itu. Kondisi ini disebut Buruli ulcer atau Ulkus Buruli

Dilansir dari Live Science pada Kamis (19/4/2018), Australia mengalami peningkatan pesat penyakit ini. Infeksi ini menyebabkan bisul di kulit, lalu menghancurkannya beserta jaringan lunak.

Pada 2016, ada 186 kasus dilaporkan di Australia. Ada kenaikan dari tahun 2013 yang hanya 74 kasus. Menurut World Health Organization (WHO), peningkatan ini terjadi sebesar 150 persen. Pada 2017, para peneliti di Victoria menyatakan terjadi peningkatan hingga 286 kasus.

Para ilmuwan saat ini belum tahu bagaimana penyakit misterius menyebar dan bagaimana cara menghentikannya.

"Kami menghadapi epidemi penyakit berat yang memburuk dengan cepat tanpa mengetahui cara mencegahnya," tulis para peneliti dalam laporan yang dipublikasikan pada 16 April di The Medical Journal of Australia.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghancurkan Jaringan, Menyebabkan Luka Terbuka

Kasus ini sesungguhnya tidak hanya terjadi di Australia. Infeksi lain telah dilaporkan di 33 negara di Afrika, Amerika Selatan, dan Pasifik Barat.

Ulkus buruli disebabkan oleh bakteri Mycobacterium ulcerans. Jenis ini termasuk dalam famili mikroba yang juga menyebabkan tuberkulosis dan lepra.

Bakteri ini menghasilkan racun yang menghancurkan jaringan, menyebabkan ulkus atau luka yang terbuka lebar, terutama pada lengan atau kaki. Tanpa perawatan dini, pasien bisa cacat jangka panjang, gerakan sendi terbatas, atau membutuhkan operasi plastik.

Para peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Amerika Serikat menduga, penyakit ini ditularkan ke manusia dari serangga yang ada dalam air. Secara khusus, nyamuk diperkirakan menjadi penyebab utamanya.

Selain itu, penggunaan obat nyamuk juga dikaitkan dengan penurunan risiko infeksi.

Tidak hanya manusia, beberapa hewan di Australia seperti posum, anjing, kucing, dan koala, ditemukan memiliki ulkus buruli yang berkembang.

Namun, masih belum pasti apakah penyakit tersebut ditularkan melalui hewan. Bukti terbaru menunjukkan infeksi tersebut tidak menular dari satu orang ke yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini