Sukses

4 Tanda Anda Sudah Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Liputan6.com, Jakarta Anda termasuk yang senang dengan makanan manis-manis? Kecanduan gula bisa membawa malapetaka ke sistem tubuh.

Kalau Anda mengalami 4 tanda peringatan ini, jangan mengabaikannya. Salah satu tanda setelah makan makanan manis antara lain perubahan suasana hati dan perasaan cemas.

Meenakshi Iyer memilih melakukan pembersihan gula. Tidak ada tambahan gula, minuman manis, pencuci mulut selama dua minggu terakhir. "Saya sering melakukan ini karena saya berasal dari keluarga penderita diabetes," katanya seperti dilansir HindustanTime, Selasa (17/4).

Memang mengurangi konsumsi gula menjadi salah satu hal tersulit yang Iyer lakukan. Kenapa bisa sulit?

Menurut sebuah penelitian, gula menutup pelepasan hormon stres kortisol. Artinya, gula memberi Anda perasaan bahwa ‘semua baik-baik saja’. Dan ini membuat Anda kembali lagi.

Iyer tersadar ketika sedang berolahraga dan makan makanan sehat, tapi setengah sendok gula di kopi pagi dan hidangan penutup bisa mengacaukan semua kerja keras agar tubuh menjadi bugar.

Kalau Anda tak bisa menurunkan berat badan, mungkin inilah waktunya untuk mengevaluasi asupan gula Anda. Berikut beberapa tanda lain yang memberi tahu kalau Anda mengonsumsi terlalu banyak gula. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan Suasana Hati

1. Perubahan suasana hati

Menurut ahli gizi yang berbasis di Mumbai, Raheela Khan, gula terkadang merupakan kebutuhan emosional. Misalnya, ketika Anda merasa sedih, Anda mungkin akhirnya memilih donat sebagai pengganti buah.

"Gula tidak memiliki nilai gizi. Tapi kita tetap akhirnya mengonsumsinya, yang tidak baik untuk tubuh. Sangat penting untuk mengendalikan keinginan dan memilih hal-hal yang lebih sehat seperti teh hijau, buah-buahan segar dll, ”katanya.

Menurut Prevention.com, diet tinggi gula juga dikaitkan dengan depresi.

2. Jerawat Konstan

Banyak gadis berjuang dengan jerawat. Pelaku utama di sini adalah ketidakseimbangan hormon dan gula yang membantu proses ini.

3 dari 4 halaman

Tekanan Darah Tinggi

3. Tekanan Darah Tinggi

Tubuh kita mulai mengirimkan bendera merah saat waktu yang tepat untuk mengurangi gula. Dan salah satu tanda penting adalah peningkatan tekanan darah.

4. Gigi berlubang

Apakah Anda menemukan beberapa lubang baru selama pemeriksaan gigi rutin Anda? Ini mungkin karena gula tersembunyi dalam diet Anda.

Bakteri di dalam mulut Anda mencerna karbohidrat dan menghasilkan asam yang bergabung dengan air liur untuk membuat plak, yang bila tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan gigi berlubang.

Kalau Anda bertanya bagaimana cara menguranginya? Anda mungkin bisa melihat kesuksesan dalam semalam, tetapi Anda pasti akan melihat meningkatnya energi dan suasana hati.

4 dari 4 halaman

Pemanis Alternatif

Berikut adalah alternatif terbaik untuk gula:

Stevia: Pemanis alami ini adalah salah satu pengganti gula yang paling populer. Ini mudah tersedia di toko obat dan di pasar super.

Madu: Ini adalah pengganti yang mudah tersedia untuk teh hijau, pencuci mulut, bubur oat.

Agave: Pemanis alami ini satu setengah kali lebih manis dari gula. Itu dianggap lebih sehat daripada madu.

Gula kelapa: Terbuat dari getah pohon kelapa, ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.