Sukses

12 Aktivitas Sehat yang Sesungguhnya Buruk bagi Tubuh (2)

Berbagai kebiasaan ini memang terlihat menyehatkan dan menyegarkan badan. Namun, ternyata aktivitas-aktivitas ini memiliki efek buruk bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Mengeringkan tangan dengan mesin pengering, mandi busa, dan mandi di bawah pancuran air, beberapa kegiatan memang terlihat menyehatkan bagi tubuh Anda. Namun, aktivitas itu ternyata sesungguhnya tidak terlalu baik bagi tubuh Anda.

Dalam artikel sebelumnya telah dibahas mengenai 6 aktivitas yang terlihat sehat, namun sesungguhnya buruk bagi tubuh Anda. Berikut ini 6 aktivitas menyehatkan lain, yang ternyata buruk buat Anda dilansir dari Reader's Digest, Selasa (17/4/2018).

7. Keramas setiap hari

Keramas setiap hari bisa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan rambut. Hal ini menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh, sekalipun Anda memiliki rambut berminyak.

8. Menggunakan pelembap terlalu sering

Jika Anda memiliki kulit kering dan gatal, lotion mungkin dibutuhkan untuk melembapkannya. Tetapi, cara ini bukanlah yang terbaik untuk dilakukan.

Para ahli di Garnier mengatakan, menggunakan pelembap berlebihan di malam hari, menyebabkan kulit kurang menghasilkan emolien. Bahan ini berfungsi untuk mengurangi kekeringan pada kulit.

Sehingga, kulit bisa jadi lebih kering dalam waktu yang lama.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sikat Gigi dan Mengelupaskan Kulit

9. Menyikat gigi setelah makan

Menyikat gigi setelah makan, terutama makanan yang mengandung asam sitrat, dapat melemahkan email gigi. Selain itu, menyikat gigi terlalu cepat setelah makan malah merusak lapisan luar gigi.

Mayo Clinic merekomendasikan, setidaknya sikatlah gigi 30 menit setelah makan. Air liur akan menetralisir asam dalam mulut dan memperkuat enamel.

10. Mengelupas Kulit dengan Scrub

Mengelupas kulit dari sel-sel kulit mati menggunakan scrub bisa berbahaya jika dilakukan terlalu sering. Epidermis bisa rusak dan mengupas pori-pori pelindung yang dibutuhkan kulit agar terlindung dari lingkungan.

 

3 dari 3 halaman

Bersin di Tangan

11. Bersin di tangan

Bayangkan, setelah bersin, Anda mengambil makanan dan menyentuh orang lain dengan tangan. Jelas itu merupakan sebuah cara penularan penyakit.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, penyakit pernapasan paling sering disebarkan dengan menyentuh objek yang terkontaminasi.

12. Menyemprotkan parfum di pakaian dalam

Parfum terkadang disemprotkan di pakaian dalam untuk membuatnya lebih wangi. Namun, zat kimia yang ada bisa mengganggu pH alami, dan rentan terkena bakteriosis vaginosis atau infeksi saluran kemih.

Hal tersebut malah membuatnya lebih berbau tidak sedap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.