Sukses

Gagal Operasi Mata, Penglihatan Model Seksi kayak Nenek 90 Tahun

Nahas menimpa model seksi asal Miami, Nadinne Bruna. Dia kehilangan setengah penglihatannya setelah melakukan operasi implan iris.

Liputan6.com, Jakarta Seorang model seksi asal Miami harus hidup dengan penglihatan layaknya seseorang berumur 90 tahun setelah mengalami kegagalan operasi mata. Model bernama Nadinne Bruna tersebut harus rela kehilangan sebagian penglihatannya pasca melakukan operasi mengubah warna mata.

Dilansir dari Tech Times, Sabtu (14/4/2018), model Instagram tersebut menjalani operasi pada september 2016. Namun demikian, prosedur yang dijalaninya penuh dengan kontroversi. Hal ini karena prosedur pemasangan implan silikon guna mengubah warna mata sangat tidak disetujui oleh FDA (Food and Drug Administrarion) di Amerika Serikat.

Oleh karena itu, Bruna pun pergi ke Bogota, Kolombia untuk menjalani prosedur operasi tersebut. Tak hanya itu, model berumur 32 tahun ini mendapatkan tawaran menggiurkan, yaitu mendapatkan potongan harga sebesar $3.000 dengan syarat mengunggah testimoni terkait prosedur tersebut di akun instagram miliknya.

Namun demikian, setelah menjalani prosedur operasi tersebut, Bruna merasakan sakit pada matanya dan penglihatannya pun berangsur-angsur buram. Tak hanya itu, matanya pun memerah, nyeri, dan gatal. Kemudian, Bruna mengalami glaukoma, yang membuat dirinya kini hidup setengah buta. Saraf optik pada mata Bruna telah rusak akibat prosedur tersebut.

Kondisi tersebut membuat Bruna harus kembali ke Kolombia guna memperbaiki kerusakan pada matanya, pada maret dan juni 2017. Namun demikian, sebelumnya, model bertato tersebut harus melakukan operasi pelepasan implan di rumah sakit Miami.

Meski sudah melepas implan, kerusakan pada matanya pun sudah terlanjur terjadi. Kini, model seksi ini harus rela kehilangan sebagian penglihatannya dan hidup setengah buta hanya karena operasi mengubah warna mata.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi implan iris yang dilakukan Nadinne Bruna sungguh berbahaya?

Operasi yang dilakukan Nadinne Bruna dilakukan dengan memasukkan iris buatan pada celah kornea, sehingga menutupi iris alami. Menurut AAO (American Academy of Ophthalmology), prosedur ini hanya dianjurkan bagi mereka yang lahir tanpa iris, atau yang mengalami cedera mata.

Namun demikian, beberapa tahun terakhir, operasi ini dipasarkan sebagai salah satu prosedur kosmetik untuk mengubah warna mata. Prosedur ini memang dikenal berbahaya, karena dapat menyebabkan penglihatan berkurang, cedera pada kornea, peradangan, glaukoma, hingga kebutaan.

Operasi ini membuat Nadinne Bruna, sosok model seksi asal Miami tersebut harus kehilangan 80 persen penglihatan di mata kanan dan 50 persen di mata kirinya.

Oleh sebab itu, AAO menganjurkan jika ingin mengubah warna mata, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan lensa kontak. Namun demikian, perangkat tersebut pun harus dipastikan aman sebelum digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.