Sukses

6 Khasiat Menakjubkan Usai Anda Konsumsi Pepaya

Ekstrak buah pepaya menghasilkan penurunan tekanan arteri, sementara ekstrak daun pepaya bisa dimanfaatkan untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Pepaya merupakan salah satu buah segar yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain rendah lemak, buah yang termasuk dalam famili caricaceae ini kaya akan vitamin A, zat besi, fosfor, kalium, protein, dan karbohidrat.

Buah asal Meksiko yang sering disebut berkhasiat sebagai nutrisi antikanker ini memiliki sejumlah manfaat yang mampu memproteksi tubuh dari berbagai macam penyakit. Daging pepaya yang lembut banyak membantu orang untuk melancarkan BAB, obat bekas gigitan ular berbisa, obat demam dan malaria, mengatasi konstipasi, melawan cacing dan parasit dalam tubuh, dan lainnya.

Berikut sederet manfaat hebat lain dari pepaya seperti dilansir dari laman Livestrong, Jumat (13/4/2018).

1. Punya efek antioksidan

Pepaya mengandung antioksidan pengikat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan masalah kesehatan lainnya. Jus pepaya juga dapat memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif.

2. Tangkal hipertensi

Dalam studi phytotherapy ditemukan potensi manfaat pepaya untuk mengobati tekanan darah tinggi. Ekstrak pepaya juga menghasilkan penurunan tekanan arteri. Sementara ekstrak daun pepaya diketahui lebih efektif daripada hydrallazine, obat yang biasa diberikan pada penderita tekanan darah tinggi.

 

Simak juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mengobati kista

Menurut temuan dari University of Maryland Medical Center, pepaya dapat mengobati gangguan reproduksi pada wanita, terutama kista dan fibrosis sistik. Nama yang terakhir disebut merupakan penyakit genetik kronis dan progresif yang menyebabkan tubuh memproduksi lendir abnormal tebal dan lengket. 

Pepaya juga sumber utama papain, enzim pencerna protein. Papain bisa bantu pasien fibrosis sistik yang alami masalah pencernaan.

4. Tingkatkan kerja saluran pencernaan

Enzim papain dalam pepaya mampu memecah protein dari makanan yang Anda makan menjadi asam amino yang disebut peptida. 

Asam amino penting untuk fungsi setiap sel dalam tubuh Anda. Untuk orang dengan masalah pencernaan, papain dapat membantu meringankan gejala tersebut.

5. Mengatasi peradangan

Selain sebagai antiinflamasi. enzim papain dalam bentuk suplemen adalah obat alami untuk cedera olahraga karena mampu mengurangi nyeri dan pembengkakan serta mempercepat penyembuhan. 

6. Kurangi peradangan pada hidung, telinga dan tenggorokan

Dokter spesialis otolaringologi, Murray Grossan, menyatakan bahwa papain membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan penipisan lendir pada pasien dengan kondisi telinga, hidung, dan tenggorokan bermasalah. 

Dia menambahkan enzim proteolitik dalam pepaya mengurangi penyumbatan di sekitar tabung estachius yang menghubungkan telinga bagian tengah ke bagian belakang tenggorokan.

Papain juga menipiskan lendir dan membantu pengaliran cairan di telinga bagian dalam dan hidung. Buah ini juga bagus dikonsumsi untuk mereka yang mengalami masalah sinusitis dan sakit pada tenggorokan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.