Sukses

Asyiknya Kerja Sama Dukun Beranak dan Bidan di Mamuju Utara

Kehadiran bidan tak membuat dukun beranak di Mamuju Utara dan Cirebon kehilangan pekerjaan.

 

Liputan6.com, Jakarta Di beberapa daerah di Indonesia, dukun beranak masih menjadi andalan bagi ibu hamil. Misalnya ketika merasakan berbagai keluhan kehamilan dan bersiap melahirkan, para ibu hamil akan menggunakan jasa dukun beranak.

Dukun beranak akan senantiasa menemani dan melakukan upaya membuat nyaman ibu hamil, seperti memijat. Di Mamuju Utara, Sulawesi Barat, dan Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, keberadaan dukun beranak tetap eksis seiring kehadiran tenaga kesehatan dari puskesmas setempat.

Program Manager Pencerah Nusantara, Siska Verawati, mengatakan walaupun pelayanan kesehatan sudah ditangani puskesmas, dukun beranak tetap bisa bekerja.

"Selama ini masyarakat di daerah memang masih percaya dengan dukun beranak. Nah, kami (tim Pencerah Nusantara) yang berperan memperkuat layanan kesehatan primer mengajak para dukun beranak bermitra dengan bidan. Dukun beranak jadi mitra bidan," kata Siska dalam acara "Pencerah Nusantara: Pemuda di Garda Tedepan Kesehatan untuk Mencapai SDGs” di Tjikini Lima Restaurant & Cafe, Menteng, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak ibu hamil ke bidan

Dukun beranak yang menjadi mitra bidan juga punya peran penting. Mereka justru mengantarkan ibu hamil untuk berobat atau menjalani perawatan lebih lanjut ke bidan di puskesmas.

"Dukun beranak tetap punya peran. Tugas mereka sekarang ngajak dan mengantar ibu hamil ke bidan," Siska menambahkan.

Kerja sama yang baik antara bidan dengan dukun beranak hadir lewat pendekatan personal yang dilakukan Tim Pencerah Nusantara. 

"Ada pendekatan personal (demi menjalin mitra antara bidan dan dukun beranak) yang harus dijalani. Kami dekati kepala dukun beranak atau tokoh dukun beranak yang dihormati gitu. Ya, sampai menginap di rumah dukunnya juga," ujar Siska.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.