4 Trik Cegah Encok Sebelum Masuk Usia Senja

Oleh Aretyo Jevon Perdana pada 13 Apr 2018, 09:00 WIB
Ilustrasi Orang Tua (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ketika memasuki usia senja, masalah pada tubuh pun akan bermunculan, terutama pada tulang dan sendi. Menurut riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2013, mayoritas orang lansia (lanjut usia) mengalami encok. Meski banyak menyerang lansia, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Tebet, dr. Asril Bahar, SpPD, K-P, K-GER, mengatakan penyakit encok yang umumnya menyerang sendi para lansia itu ibarat engsel pintu yang jarang digunakan.

"Kalau engsel pintu itu rajin dibuka tutup, maka tidak akan terjadi karat. Sama halnya dengan sendi, kalau rajin beraktivitas, maka risiko radang pun menjadi kecil," ujar Asril, pada wartawan usai menjadi pembicara pada acara HUT RS Tebet, ditulis Kamis (12/4/2018).

Oleh sebab itu, Asril memiliki empat trik guna mencegah terjadinya penyakit encok menjelang usia senja. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Rajin beraktivitas

Asril mengungkapkan banyak beraktivitas menjadi penting untuk dilakukan semua orang sebelum memasuki masa lansia. Hal ini karena aktivitas yang gerak akan merawat sendi, sehingga meminimalisir terjadinya radang.

"Syukur-syukur bisa olahraga," Asril menambahkan.

Selain itu, jika Anda seorang pekerja kantoran, sebaiknya hindari penggunaan lift. Hal ini akan mengurangi aktivitas gerak Anda, sehingga lebih berisiko terkena encok.

 

Saksikan juga video berikut ini :

 

1 of 2

2. Berjemur

Olahraga Teratur
Berjemur di pagi hari merupakan salah satu cara cegah penyakit encok (iStockphoto)

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini karena paparan sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang. Anda yang rutin berjemur di pagi hari akan meminimalisir terjadinya encok.

3. Obat Anti-inflamasi

Meski terdengar seperti pengobatan, konsumsi obat ini dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang. Namun demikian, Asril mengatakan cara ini harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini karena konsumsi obat anti-inflamasi berlebihan dapat merusak organ pencernaan, seperti perdarahan di lambung dan usus.

Oleh sebab itu, Asril menganjurkan agar sebelum mengonsumsi obat ini, Anda harus mengetahui dosis serta efek bagi tubuh.

4. Pola makan tinggi kalsium

Menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, seperti ikan laut dan susu rendah lemak. Menurut Asril, makanan tersebut wajib dikonsumsi ketika Anda memasuki usia 40 ke atas, agar terhindar dari masalah tulang seperti encok.

Lanjutkan Membaca ↓

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video