Sukses

Jogging Berbahaya bagi Pemilik Tubuh Gemuk, Hindarilah

Bagi Anda yang memiliki tubuh gemuk, waspadai saat melakukan jogging. Ternyata, hal itu bisa berbahaya bagi lutut.

 

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan tubuh gemuk sebaiknya menghindari olahraga lari atau jogging. Menurut dokter Ade Jeanne L Tobing dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, aktivitas fisik satu ini terlalu berbahaya untuk lutut.

Ade menjelaskan, ketika berlari atau jogging, seseorang akan mengalami fase melayang. Pada saat itu, berat badan bisa naik hingga delapan kali lebih besar.

Contohnya, seseorang dengan berat badan 60 kilogram. Ketika jogging, berat tubuh menjadi 480 kg. Hal itu sangat berbahaya bagi lutut orang tersebut.

Menurut Ade, apabila orang gemuk ingin melakukan olahraga, bisa dengan jalan cepat.

"Itu lebih aman daripada jogging atau berlari," kata Ade dalam sebuah diskusi Ayo Indonesia Bergerak di Rumah Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 11 April 2018. 

Ade membenarkan bahwa saat jogging tulang seseorang akan semakin padat. Akan tetapi tidak dengan sendinya. Padahal tujuan kita berolahraga, ingin semuanya sehat.

"Jadi, tidak dianjurkan orang-orang gendut untuk berlari (jogging). Jalan cepat, boleh," ujar Ade.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berenang dan Bersepeda

Salah satu olahraga yang disarankan untuk orang gemuk adalah olahraga air. "Di Eropa, orangnya gede-gede. Di sana banyak yang melakukan akuarobik," tutur Ade.

Selain itu, bersepeda juga diperbolehkan bagi mereka yang memiliki berat badan lebih. "Dengan bersepeda, berat tubuh ada di bokong kita. Jadi tidak bermasalah untuk orang gendut," jelas Ade.

Dokter Ade sendiri mengakui bahwa dirinya sering melakukan olahraga renang.

"Makin tua metabolisme kan makin rendah. Apalagi pekerjaan saya menuntut revisi, paper, dan mahasiswa. Tapi bergeraknya tetap. Saya sudah memilih olahraga di kolam. Memang dari dulu saya perenang," kata Ade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini