Sukses

IDI Bakal Lacak Pembocor Surat Putusan Majelis Etik terhadap Dokter Terawan

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bakal melacak orang yang membocorkan surat sanksi atas dugaan pelanggaran etik kedokteran oleh dokter Terawan.

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan mencari tahu pihak yang membocorkan surat putusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) tentang kasus dokter Terawan Agus Putranto. Surat rekomendasi dari MKEK berisi sanksi atas dugaan pelanggaran etik kedokteran yang dilakukan dokter Terawan itu seharusnya bersifat rahasia dan internal. 

"Kenapa bisa bocor (surat rekomendasinya)? Saya pikir, ada unsur kesengajaan. Kami akan melacak, siapa yang membocorkan suratnya," kata Ketua Pengurus Besar IDI Ilham Oetama Marsis saat konferensi pers di Kantor PB IDI, Jakarta, Senin (9/4/2018).

"Pelacakan ini kami lakukan bersama badan intelijen," tambah Marsis. 

Di kesempatan ini, Marsis juga menanggapi polemik atas opini publik yang muncul akibat kebocoran surat rekomendasi MKEK. 

"Kami (IDI) sangat berbeda dengan profesi lainnya. Kami terikat kode etik kedokteran," ujar Marsis.

 

 *

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.