Sukses

Kondisi 6 BagianTubuh yang Jadi Tanda Awal Penyakit

Seringkali, adanya perubahan warna atau bentuk bagian tubuh tertentu bisa menjadi tanda penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Setiap bagian tubuh bisa mengirimkan sinyal penting yang berkaitan dengan kesehatan. Bahkan seringkali, adanya perubahan warna atau bentuk tertent bisa menjadi tanda penyakit.

Berikut ini ada enam bagian tubuh yang perlu diperhatikan, seperti dilansir Medical Daily, Senin (9/4/2018):

1. Kuku

Munculnya titik-titik putih atau garis-garis pada kuku jari bisa menjadi tanda kekurangan mineral. Meski beberapa ahli kesehatan bersikeras bahwa ini hanyalah mitos, namun menurut Direktur Pusat Pengobatan Integratif Arizona di University of Arizona, Dr Andrew Weil, perubahan ini bisa mengindikasikan suatu penyakit.

"Kondisi ini dimaai dengan kuku Terry (Terry's nails) yang dapat mengindikasikan kondisi kesehatan serius seperti sirosis, gagal ginjal kronis dan gagal jantung," ujar Andrew.

2. Rambut

Kerontokan dan kekeringan rambut mungkin merupakan tanda-tanda gangguan tiroid. Baik tiroid yang kurang aktif dan yang terlalu aktif dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan folikel yang menyebabkan rambut rontok.

Namun hilangnya rambut di tepi luar alis mata secara spesifik bisa menjadi indikator tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme).

3. Payudara

Perubahan pada payudara seperti benjolan tidak boleh diabaikan. Khususnya perubahan yang disertai adanya darah atau bengkak pada bagian tubuh ini perlu segera diperiksakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mata

4. Mata

Penglihatan buram bisa menjadi gejala retinopati diabetik. Gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil yang terhubung ke retina bahkan selama prediabetes--ketika pasien belum didiagnosis dengan kondisi tersebut. Untuk orang yang berusia di bawah 50 tahun, perkembangan lingkaran putih atau abu-abu terang di mata bisa menjadi tanda kuat dari kolesterol tinggi.

5. Lidah

Lidah manusia dapat memberikan banyak petunjuk untuk mengidentifikasi masalah kesehatan potensial.

"Setiap perubahan warna, gumpalan, luka atau rasa sakit harus dipantau dan dievaluasi oleh seorang profesional medis jika mereka tidak hilang dalam waktu dua minggu," kata Dr Daniel Allan, seorang dokter di Cleveland Clinic.

Biasanya, lidah berwarna merah jambu dan tertutup tonjolan kecil yang disebut papillae. Namun ketika lidah terlihat halus dan putih, dapat menandakan defisiensi nutrisi dalam tubuh.

Dr Allan menjelaskan, kondisi ini sering bisa dilihat pada perokok sebagai leukoplakia (bercak lidah) yang merupakan tanda awal kanker. "Jika Anda melihat apa yang Anda pikir bisa leukoplakia, hubungi dokter gigi Anda untuk evaluasi," tambah Dr Allan.

6. Kaki

Kaki dan pergelangan kaki yang bengkak dapat disebabkan oleh berbagai masalah seperti fluktuasi hormon atau konsumsi garam yang berlebihan. Dalam kasus yang lebih serius, hal ini juga dapat menunjukkan gagal jantung kongestif, karena organ tidak dapat memompa darah yang cukup. Pembengkakan juga bisa dikaitkan dengan adanya pembekuan darah.

"Bekuan menyebabkan tekanan (darah) meningkat sehingga darah keluar dari pembuluh darah ke jaringan," kata Dr Roy Silverstein, wakil presiden American Society of Hematology.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.