Sukses

5 Bumbu Pedas yang Terbukti Bantu Pangkas Berat Badan

Beberapa bahan makanan pedas bisa menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya mengonsumsi nasi merah dengan sayur dan buah yang akan membantu program diet Anda. Beberapa bahan makanan pedas juga bisa menurunkan berat badan.

Seperti dilansir Prevention, Senin (9/4/2018), bumbu dan rempah-rempah yang digunakan bukan hanya menambahkan sejumlah rasa pada makanan. Sebab bahan makanan tersebut benar-benar dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh Anda membakar lemak lebih cepat.

1. Kunyit

Menurut sebuah studi tahun 2009 dari Tufts University, bumbu kuning berwarna cerah ini dapat membantu tubuh membakar lemak.

Studi yang menguji tikus ini membuktikan, curcumin - bahan aktif dalam kunyit dapat meningkatkan metabolisme. Rempah-rempah juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya, dari membantu melawan penyakit Alzheimer hingga menjaga hormon.

2. Kayu Manis

Ini rempah-rempah yang telah terbukti dapat menyeimbangkan gula darah, serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan kata lain berat badan pun akan mudah turun. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cabai rawit

3. Cabai rawit

Seperti halnya kunyit, cabai dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga membantu meningkatkan metabolisme. Bahkan, menambahkannya di setiap masakan dapat membantu Anda membakar hingga 100 kalori per makanan, menurut Lauren Minchen, RD.

4. Jahe

Seperti kayu manis, jahe membantu mengontrol gula darah, yang berarti dapat membantu mencegah lonjakan kadar glukosa Anda setelah mengonsumsi makanan tinggi gula atau karbohidrat.

Bumbu ini juga memiliki sifat yang sama dengan pembakaran lemak, atau termogenik, seperti kunyit dan cayenne, menurut ahli gizi integratif di New York City, Barbara Mendez, RPH, MS.

5. Lada hitam

Seperti jahe, lada hitam memiliki banyak sifat pembakar lemak. Rempah-rempah ini juga telah terbukti menghalangi pembentukan sel-sel lemak baru yang dapat mencegah kenaikan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.