Sukses

Akting Bantu Aktris Emily Blunt Atasi Gagap Bicara

Siapa sangka bintang film A Quiet Place, Emily Blunt (35), menderita gagap bicara sejak kecil?

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka bintang film A Quiet Place, Emily Blunt (35), menderita gagap bicara sejak kecil? Istri aktor John Krasinski itu berbagi pengalamannya berjuang mengatasi gagap ketika remaja pada majalah People.

Emily cilik menyiasati gagap dengan menggunakan suara-suara lucu ketika bicara. "Aku bicara dengan suara-suara aneh karena aku jadi lebih lancar bicara jika tak menggunakan suara asliku," ungkapnya.

Salah seorang guru Emily Blunt mendengarnya bicara menggunakan bermacam-macam mimik dan menyarankan agar Emily mencoba ikut dalam pementasan drama sekolah.

"Dia bilang, `Kurasa kamu lucu dan harus mencobanya. Pernah enggak kamu melakukannya dengan suara yang berbeda?`"

Bergabung dengan pementasan drama sekolah menumbuhkan kecintaan Emily terhadap dunia teater. Gagap bicara yang diderita Emily menjadi berkurang berkat akting, meski tak sepenuhnya teratasi.

"Gagap itu datang kembali saat aku benar-benar lelah, atau ketika hamil dan itu sangat jelas," ucapnya, melansir laman Today, Minggu (8/4/2018). 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersifat genetik

Kelainan bicara yang diderita Emily rupanya bersifat genetik. "Aku punya paman, sepupu, dan kakek yang gagap bicara. Itu tak terkait dengan kecemasan. Itu hanyalah sinapsis otak yang dialami orang yang secara genetik cenderung memiliki kelainan itu," jelas Emily.

Emily mengakui kondisinya itu terasa berat jika dialami di usia pra remaja, 12-13 tahun. Seringkali individu yang mengalami gagap bicara jadi obyek cemoohan atau bully di sekolah.

Kini Emily bergabung dengan American Institute of Stuttering untuk membantu mereka yang mengalami gagap bicara. Menurutnya gagap bicara adalah masalah serius yang tak hanya menimpa anak-anak melainkan juga orang dewasa usia 40-50an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.