Sukses

18 Hal Sederhana yang Bikin Umur Panjang Bukan Sekadar Angan

Jika Anda ingin memiliki umur panjang, lakukan 18 hal yang terlihat sederhana ini, namun kadang sulit dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang pasti ingin menikmati umur panjang. Namun, hal itu tergantung genetik dan penyakit yang menjangkiti Anda.

Walaupun begitu, bukan tidak mungkin manusia bisa hidup lebih lama. Dilansir dari Reader's Digest pada Kamis (5/4/2018), ada beberapa hal yang bisa membuat Anda berumur panjang.

1.Berhenti Merokok

Empat tahun setelah berhenti merokok, risiko terkena serangan jantung akan lenyap. Setelah 10 tahun, risiko terkena kanker paru-paru juga akan hilang, seperti mereka yang tidak merokok.

2. Olahraga Setiap Hari

Berolahraga setiap hari sangat dibutuhkan. Tiga hingga sepuluh menit berjalan saja, cukup apabila Anda benar-benar sibuk.

3. Makanan Sehat

Buah dan sayuran, apapun yang Anda sukai, mampu memberikan kesempatan untuk memiliki umur panjang.

4. Rajin Memeriksakan Diri

Rajin melakukan pemeriksaan kesehatan pada tahap kehidupan tertentu, memastikan dokter tahu apa yang terjadi dalam tubuh Anda.

5. Mengatur Waktu Tidur

Jika ingin berumur panjang, tidurlah tujuh hingga delapan jam setiap malam. Jika sulit mematikan lampu, ingatlah bahwa gangguan tidur meningkatkan risiko serangan jantung, kanker, dan penyakit lain.

6. Penggunaan Obat-Obatan

Beberapa penyakit mungkin bisa sembuh dengan obat. Namun, jangan memulai pengobatan tanpa saran dari dokter.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tekanan Darah dan Sarapan

7. Jaga Tekanan Darah

Hal ini tidak perlu dikhawatirkan jika Anda bisa menjaganya di bawah 120/80.

8. Tetap Terhubung

Rasa kesepian merupakan bentuk dari stres. Teman, keluarga, ataupun hewan peliharaan mampu memberikan Anda perasaan dicintai dan membuat umur lebih panjang.

9. Mengurangi Lemak Jenuh

Ini adalah bahan baku yang digunakan tubuh untuk memproduksi kolesterol jahat. Hindari makanan dengan lemak jenuh untuk umur yang lebih panjang.

10. Mencari Bantuan Saat depresi

Tidak hanya buruk bagi mental, namun depresi juga buruk bagi tubuh. Hal itu meningkatkan risiko diabetes dan serangan jantung, serta meningkatkan kematian lebih cepat sebesar 30 persen.

11. Memanajemen Stres

Dokter mensurvei, orang yang hidup dengan stres yang tidak terkontrol memiliki berat badan 30 pon atau sekitar 13,6 kilogram lebih berat.

12. Miliki Tujuan Yang Tinggi

Seorang fisikawan mengatakan: "Berusahalah untuk mencapai sesuatu yang lebih besar dari diri Anda sendiri."

13. Penuhi Sarapan

Orang-orang yang tinggal di negara dengah harapan hidup tinggi, makan paling banyak saat sarapan, kemudian makan malam sedikit atau tidak sama sekali. Muatan kalori di awal hari dapat menangkal lapar sepanjang hari, serita menjaga berat badan.

 

3 dari 3 halaman

Berpuasa dan Fokus Pada Hal Baik

14. Berpuasa

Tidak perlu berhari-hari. Cukup batasi makan hingga delapan jam sehari, memberikan tubuh lebih banyak waktu selama enam hingga dua belas untuk proses pencernaan. Setelah masuk ke waktu berpuasa, tubuh akan membakar lemak yang tersimpan.

15. Memasak di Rumah

Anda tidak perlu mengontrol gizi dan membuat makanan sehat. Memasak adalah sebuah olahraga kecil-kecilan.

16. Makan Sambil Duduk

Makan sambil mengemudi atau terburu-buru, malah mengeluarkan hormon stres. Lebih baik, duduklah saat makan. Berkumpullah dengan keularga untuk mendapatkan tambahan waktu bersosialisasi.

17. Berhemat

Menghemat pengeluaran dan menyimpannya untuk membayar perawatan kesehatan, bisa memberikan Anda kehidupan yang panjang dan sehat.

18. Fokus pada Hal-Hal yang Baik

Penelitian menunjukkan, orang yang hidup sampai 100 tahun cenderung tidak mengeluh ketimbang mereka yang masih muda. Tanpa adanya keluhan, itu berarti mereka bisa menangani situasi yang buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.