Sukses

Bukan Tanda Lemah, Menangis Punya 3 Manfaat Tak Terduga

Kala seseorang menangis bukan berarti dia lemah. Menangis punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Menangis bukanlah tanda seseorang lemah. Walau tak akan menyelesaikan masalah, menangis punya manfaat bagi kesehatan seperti disampaikan psikolog New Jersey, Amerika Serikat Leslie Becker-Phelps.

Berikut ini tiga manfaat dari menangis melansir WebMD, Kamis (5/4/2018).

1. Memahami diri sendiri

Menangis bukan sekadar 'produk' yang dihasilkan dari rasa kecewa. Menangis juga ekspresi dari pengalaman. Anda mungkin merasakan emosi seperti kesedihan, sakit hati, frustrasi, marah atau kesepian seperti disampaikan Becker-Phelps.

Menumpahkan air mata mampu menghubungkan kembali Anda dengan pengalaman hidup serta diri sendiri.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin rileks

2. Mendorong empati orang lain

Ketika menangis di depan orang yang peduli pada Anda, hal itu bakal melunakkan perasaannya. Orang-orang di sekitar kemudian menanggapi dengan penuh belas kasih serta membantu menawarkan dukungan. Reaksi tersebut bisa memperkuat ikatan antara yang menangis dan orang-orang yang peduli padanya.

3. Melepaskan ketegangan

Menurut, Becker-Phelps, menangis terkait hal-hal sedih memang bukan pengalaman yang menyenangkan. Namun, bisa meredakan ketegangan emosi yang tengah dirasakan. 

Setelah menangis, tubuh akan terasa lebih rileks dan tenang. Ini membuat Anda mampu untuk berpikir lebih jernih tentang situasi yang sedang dihadapi. Sehingga menangis bisa memberikan perspektif dan kekuatan baru untuk membuat langkah maju yang lebih positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.