Sukses

Dikira Keracunan Makanan, Diana Derita Kanker Usus Besar Stadium Empat

Awalnya, Diana mengira ia keracunan makanan, tapi ia ternyata menderita kanker kolon (usus besar) stadium empat.

Liputan6.com, Washington, Amerika Serikat Seorang wanita muda menganggap gejala pencernaan yang dialaminya adalah keracunan makanan. Namun, ternyata ia menderita kanker kolon (usus besar) stadium empat.

Diana Zepeda (34), yang tinggal di Washington DC, Amerika Serikat, mulai mengalami reaksi keracunan makanan berupa diare pada dua tahun yang lalu. Ia berpikir, keracunan makanan disebabkan pola makan dan stres. Ia mampu tahan bekerja berjam-jam dan sering konsumsi makanan yang dikirim secara delivery.

Namun, gejala diare tidak hilang. Pada Januari 2017, ia mengalami diare berdarah dua hari sekali. Diana masih berpikir, ia menyalahkan gaya hidupnya yang tidak makan dengan teratur.

Akhirnya, ketika diare menjadi tidak terkendali, ia pergi ke gastroenterolog Jessica Korman. Ia diberi antibiotik selama lima hari. Resep obat justru tidak membantu.

"Diare tidak juga membaik, malah makin memburuk," kata Diana, dikutip dari Today, Kamis (5/4/2018).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kanker usus besar stadium empat

Diana menjalani lebih banyak tes. Tak hanya tes tinja saja, dokter menjadwalkan pemeriksaan kolonoskopi--tindakan rawat jalan di mana bagian dalam usus besar Anda (kolon dan saluran pembuangan/rektum) diperiksa dan diselidiki.

Masalah sebenarnya dimulai saat Diana sedang menerima prosedur kolonoskopi.

"Aku jadi mual dan kram perut yang parah. Aku tidak bisa berhenti muntah," ujar Diana.

Dari prosedur tersebut diperoleh, ada tumor yang menghalangi usus besarnya. Biopsi menunjukkan, ia didiagnosis menderita kanker kolon (kanker usus besar) stadium empat.

"Aku benar-benar tidak percaya. Aku tidak punya riwayat keluarga yang derita kanker usus besar," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Menyebar ke hati

Yang lebih mengejutkan, kanker usus besar juga telah menyebar ke hatinya. Dokter menganjurkan, operasi mengangkat sebagian usus besar, 15 hingga 20 kelenjar getah bening, usus buntu, dan kantong empedunya.

Selain itu, karena Diana masih muda, indung telur dipindahkan untuk mempertahankan kesuburannya. Kemudian ia menjalani radiasi singkat untuk mengecilkan tumor sebelum dokter mengangkat organ dan kelenjar getah beningnya.

Diana juga sudah menyelesaikan kemoterapi selama enam bulan. Ada kemungkinan 50 persen kanker usus besar akan kembali kambuh dalam lima tahun ke depan, tapi ia tetap optimistis untuk sembuh.

"Aku punya kesempatan untuk sepenuhnya sembuh," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Keracunan makanan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering terjadi di Indonesia. Kendati tidak ada data pasti

    Keracunan makanan

  • Diare adalah kondisi di mana feses yang dikeluarkan encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya.

    Diare

  • Kanker usus besar atau kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering ditemui, khususnya pada orang berusia 50 tahun.

    kanker usus besar

  • Kanker Kolon