Sukses

5 Tips Kendalikan Pikiran, Tenangkan Diri dari Rasa Gelisah

Pikiran yang dipenuhi gelisah akan membuat diri Anda terus merasa cemas dan tidak tenang. Lakukan 5 tips ini untuk menenangkannya.

Liputan6.com, Jakarta Pikiran yang gelisah membuat Anda tidak akan bisa beristirahat. Hal itu hanya akan membuat rasa cemas berputar-putar dalam diri saja.

Namun, beberapa orang merasa ini merupakan bentuk rasa ingin tahu dan produktivitas. Padahal, terkadang ini adalah gangguan mental.

"Sebagai seorang gadis muda, saya selalu rentan terhadap ketidakstabilan emosi. Kesedihan menemani sepanjang masa remaja. Ketika memulai kehidupan profesional, saya jatuh ke dalam siklus yang tidak terhindarkan antara rasa takut, kecemasan, dan rasa gelisah yang hampir tidak memungkinkan untuk hidup," kata Kay Jamison, psikiater di Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Amerika Serikat dilansir dari Step to Health pada Rabu (4/4/2018).

Untuk mencegah ketidakstabilan emosi agar tidak mengganggu keseharian, lakukan 5 hal ini untuk menenangkan pikiran:

1. Singkirkan Beban yang Tidak Perlu

Untuk menemukan kedamaian dalam diri, Anda tidak perlu membawa beban dalam pikiran. Kadang kita di kelilingi oleh orang yang tidak memberikan energi positif pada diri kita, tapi malah mengambilnya.

Untuk itu, pilihlah mana yang bermanfaat bagi diri Anda dan mana yang tidak. Pahamilah bahwa "lebih sedikit, bisa jadi menghasilkan lebih banyak".

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diam dan Batasi Diri

2. Diam Sejenak, Bernapas, dan Hentikan Berpikir Buruk

Masa lalu biarkan terlewati. Anda tidak bisa mengubahnya. Namun masa depan belum terjadi. Inilah yang harus jadi pusat perhatian saat ini. Untuk menemukan diri sendiri di masa sekarang.

Diamkan diri dan bernapas. Tarik napas yang dalam dan tahan hingga lima detik, lalu embuskan dengan keras. Latihan sederhana ini akan membebaskan pikiran dari hal-hal yang bisa mengganggu mental. Trik ini juga bisa membawa oksigen ke otak yang membantu Anda tetap tenang.

3. Membangun Dinding Pelindung

Pikiran yang gelisah bisa jadi datang karena lingkungan di sekitar kita. Untuk itulah, penting membangun dinding pelindung bagi diri sendiri.

Lindungi diri dari orang-orang yang sering membawa amarah pada saat-saat yang tenang. Bangun dinding bagi mereka yang tidak menghormati Anda, dan biarkan mereka pergi.

 

3 dari 3 halaman

Hening dan Bersyukur

4. Sembuhkan Diri dengan Keheningan

Paling tidak sekali sehari, selama satu setengah hingga dua jam, Anda perlu mandi dalam keheningan.

Waktu tenang ini akan memungkinan diri terhubung dengan apa yang dibutuhkan untuk menenangkan pikiran yang gelisah.

Pikiran semacam ini biasanya muncul karena orang cenderung lupa pada diri mereka sendiri. Mereka tidak lagi mengingat betapa berharganya dan penting diri sendiri.

Bersantailah dalam keheningan, matikan rasa takut dan suara negatif dalam diri Anda. Biarkan tubuh dikelilingi perasaan puas, damai, dan keseimbangan antara hati dan pikiran.

5. Menanamkan Rasa Syukur

Ucapkan terima kasih pada hal-hal kecil yang mengelilingi Anda, yang mungkin telah terabaikan. Bersyukurlah karena sehat secara fisik, atau memiliki orang-orang yang mencintai Anda.

Belajarlah bersyukur setiap hari. Selalu ada peluang untuk mencapai tujuan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.