Sukses

Katup Pulmonal Cacat, Arnold Schwarzenegger Jalani Operasi Jantung

Secara diam-diam, aktor Arnold Schwarzenegger menjalani operasi jantung untuk memperbaiki kelainan pada katup pulmonalnya, sekaligus menggantinya dengan katup yang baru.

Liputan6.com, Jakarta Aktor yang juga mantan gubernur California, Arnold Schwarzenegger menjalani operasi jantung pada Kamis, 29 Maret 2018 waktu setempat. Dia melakukan operasi untuk mengganti katup pulmonal-nya.

Menurut American Heart Association, katup jantung ini membantu mengatur aliran darah dari jantung ke paru-paru.

Dilansir dari Live Science pada Rabu (4/4/2018), aktor ini pernah menjalani operasi katup jantung pada 1997. Hal ini dia lakukan untuk memperbaiki cacat pada katup yang dia miliki sejak lahir.

"Katup pengganti 1997 itu tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi permanen. Selain itu, benda tersebut telah digunakan lebih lama dari masanya," kata Daniel Ketchell, juru bicara aktor tersebut pada Washington Post.

Untuk operasi yang dilakukannya sekarang, Ketchell mengatakan pemain film Terminator itu melakukan penggantian katup dengan kateter yang tidak invasif.

Hal ini mengacu pada jenis prosedur di mana dokter memasukkan kateter tipis melalui vena ke jantung, lalu menggunakan kateter itu untuk mengantarkan katup baru.

Selama prosedur ini, Schwarzenegger kemungkinan mengalami komplikasi sehingga diperlukan operasi jantung terbuka.

Ketchell mengatakan bahwa tim selalu siap melakukan operasi jantung terbuka apabila prosedur kateter tidak bisa dilakukan.

"Katup pulmonal Schwarzenegger berhasil diganti," kata Ketchell. Pemeran Mr. Freeze di film Batman and Robin itu dilaporkan sudah pulih dari operasi.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aorta Bikuspid

Arnold Schwarzenegger sendiri sudah berumur 70 tahun. Operasi ini dilakukan di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dia pernah mengatakan bahwa dirinya lahir dengan aorta bikuspid. Keadaan ketika katup aorta hanya memiliki dua kelopak penutup, yang biasanya ada tiga.

Operasi yang dilakukan pada 1997 bertujuan memperbaiki masalah ini. Walaupun begitu, rincian prosedurnya tidak pernah dirilis.

Namun, dilaporkan bahwa Schwarzenegger mendapatkan transplantasi katup yang terbuat dari jaringannya sendiri, bukan katup mekanik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.