Sukses

4 Macam Sensasi Pusing yang Jarang Orang Tahu

Pusing memiliki empat jenis macam sensasi yang mungkin saja belum Anda ketahui sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta Sensasi saat pusing yang sering terjadi adalah berputar. Namun ada pula orang lain yang merasakan sensasi miring saat kepala terasa senut-senut. Dan tidak sedikit orang yang merasa mual dan ingin muntah saat mengalami pusing berputar.

Itulah sensasi yang terjadi pada saat Anda pusing. Dokter Sara Elise Wijono MRes dari situs Klik Dokter mengatakan dunia medis mengenal ada empat macam sensasi saat pusing.

Berikut sensasi-sensasi pusing yang lazim terjadi pada kita seperti dikutip Health Liputan6.com pada Rabu, 3 April 2018.

  1. Lightheaded, yaitu sensasi seperti mengambang.
  2. Pre-sinkop, yaitu keluhan lebih berat dari lightheaded, dapat ataupun tidak mendahului pingsan (sinkop) dan dapat disertai keluhan detak jantung yang cepat, berdebar-debar, atau berkeringat.
  3. Vertigo, yaitu sensasi adanya pergerakan yang umumnya digambarkan sebagai berputar, terpuntir, berpilin, ataupun berbelok.
  4. Disekuilibrium, yaitu sensasi tidak mantap berpijak dan merasa tidak seimbang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mekanisme Tubuh Saat Pusing

Pusing adalah suatu gejala, bukan penyakit. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, baik yang mengganggu sistem pengatur keseimbangan (vestibular) atau di luar itu.

Masalah pada sistem vestibular dapat berasal dari perifer maupun sentral. Di luar itu, pusing juga dapat dipicu oleh efek samping obat-obatan, seperti obat antikejang, obat sedasi, dan lainnya.

Masalah pada sistem vestibular perifer dapat disebabkan oleh:

  1. Disfungsi vestibular, misalnya vestibular neuritis, penyakit telinga autoimun
  2. Penyakit Meniere
  3. Vertigo posisi paroksisimal jinak
  4. Fistula perilimfatik

Sedangkan masalah pada sistem vestibular sentral dapat disebabkan oleh:

  1. Gangguan pada sistem sirkulasi darah, misalnya penyakit serebrovaskular seperti stroke, perfusi yang tidak efektif pada otak atau batang otak
  2. Masalah pada pembuluh darah besar, seperti insufisiensi vertebrobasilar
  3. Neuroma akustik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini