Sukses

Jawaban Saat Anak Ingin Berlibur tapi Orangtua Lagi Bokek

Inilah jawaban yang harus orangtua berikan saat anak ingin sekali berlibur tapi uang tak ada alias bokek.

Liputan6.com, Jakarta Anak pasti merasa senang jika keinginannya untuk ber-libur dipenuhi oleh kedua orangtua. Namun tidak jarang, karena keterbatasan dana dan waktu, sulit bagi ayah dan ibu mewujudkan keinginan tersebut. 

Akan tetapi orangtua biasanya menemukan kendala untuk mengatakannya. Takut anak-anak menjadi protes dan malah ngambek. Jika sudah seperti ini, apa yang harus orangtua katakan? 

Menghadapi hal ini, psikolog Anak Anna Surti Ariani, menyarankan agar orangtua memberi pengertian. Tapi hal yang ia tekankan jangan pernah mengatakan kalau libur-an itu tak diperlukan. Justru dari liburan bersama, hubungan keluarga bisa semakin dekat.

"Jangan bilang enggak perlu liburan. Lebih baik beri pengertian dan ungkapkan kondisi yang ada. Misalkan kasih pengertian uangnya dipakai buat kakak sekolah," ujar Anna kepada Dream.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Ingin Berlibur

Orangtua juga tak boleh diam saja membiarkan anak 'mati gaya' di rumah saat liburan. Bisa membuat aktivitas kreatif minim biaya agar anak-anak merasa liburannya jadi tak membosankan

"Bisa juga menari tarian daerah tertentu agar anak juga dapat wawasan baru," kata Anna

Meski begitu, Anna tetap menyarankan orangtua menyisihkan anggaran untuk berlibur bersama. Hal ini karena pengalaman kebersamaan keluarga akan lebih menempel di ingatan anak daripada hadiah-hadiah mahal.

Jadi, mungkin bisa mempertimbangkan membuat anggaran khusus untuk liburan.

Reporter: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.