5 Cara Tetap Sehat Rayakan Paskah

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 01 Apr 2018, 07:00 WIB
Paskah

Liputan6.com, Jakarta Selamat Paskah bagi Sahabat Liputan6.com yang merayakannya!

Ya, tak ada yang lebih membahagiakan selain berkumpul bersama keluarga di hari raya. Berbagai sajian manis nan lezat yang jadi salah satu ciri khas perayaan Paskah pun menambah semarak suasana. Tapi, jika tak berhati-hati, bukan saja berat badan melonjak, risiko gangguan kesehatan pun muncul usai merayakan Paskah bersama keluarga.

Guna menghindari makan berlebih dan menjaga tubuh tetap sehat, pakar diet terdaftar Leanne Tee dari Pick n Pay membagikan tips sehatnya menikmati sajian perayaan Paskah. Simak selengkapnya, seperti dilansir dari laman Good Housekeeping, Minggu (1/4/2018).

1. Go green

Konsep go green bisa diterapkan dalam perencanaan hidangan Paskah kali ini. Masukkan sayuran hijau segar seperti asparagus, brokoli, atau parsnip ke dalam menu.

Sayuran hijau akan menyeimbangkan asupan makanan Anda. Sajian sehat ini juga memberi cukup jeda bagi Anda mempertimbangkan akan mengonsumsi hidangan apa berikutnya sebelum pencuci mulut tiba.

2. Mulailah dengan pola sehat

Mengonsumsi sarapan sehat tak hanya memastikan Anda mendapat nutrisi yang cukup untuk menunjang kegiatan saat merayakan Paskah, tapi juga menghindarkan dari mengudap camilan tak sehat.

Mencampur beberapa sayuran dan buah favorit sebagai smoothie bisa jadi pilihan sarapan sehat Anda. Tak hanya mudah dibuat, smoothie berbahan buah dan sayur akan memberi kecukupan serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh.

Tee menyarankan campuran kale atau bayam dengan pisang dan yoghurt sebagai bahan smoothie. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 of 2

Tak makan dengan terburu-buru

Paskah
Ilustrasi paskah (iStockphoto)

3. Tak perlu terburu-buru

Otak memerlukan sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang ke seluruh tubuh dari mulai Anda makan. Jadi, jangan lupa untuk makan secara perlahan dan nikmati makanan Anda.

Makan secara perlahan akan membuat kita makan lebih sedikit. Ini artinya kalori yang masuk pun rendah serta tak perlu menambah makan.

4. Pilih cokelat hitam

Merayakan Paskah tanpa cokelat rasanya seperti ada yang kurang. Tapi sebaiknya Anda pun bijak dalam memilih jenis kudapan manis itu. Pilihlah cokelat hitam yang lebih kaya nutrisi dan antioksidan.

5. Masukkan camilan sehat

Seimbangkan hidangan Paskah yang manis dengan hidangan sehat. Tee merekomendasikan untuk menyajikan buah-buahan seperti apel, pir, anggur, nanas, melon, dan semangka. Anda bisa menyajikannya seperti hidangan sate dengan ditusukkan berselang-seling. Tak hanya hidangan itu terlihat cantik, melainkan juga sehat bukan.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait