Sukses

Gangguan pada Kulit Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Lain

Beberapa penyakit kulit dapat menjadi deteksi terhadap penyakit di organ tubuh lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Meski memiliki peran masing-masing, sistem organ manusia saling berkaitan satu sama lain, salah satunya yaitu kulit. Gangguan pada sistem organ dari indra peraba ini kabarnya dapat mendeteksi munculnya penyakit lainnya.

Dilansir dari Reader Digest, Sabtu (30/3/2018), beberapa penyakit kulit dapat mendeteksi penyakit lainnya. 

1. Eksim kulit

Penyakit ini umumnya ditandai dengan kulit yang kering, gatal, dan kemerahan di sekitar leher dan siku bagian dalam. Diderita oleh sekitar 30 juta orang Amerika, eksim umumnya diderita oleh anak-anak, tetapi orang dewasa pun berpotensi mengalaminya.

Asisten Profesor Bidang Dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Chicago, Jonathan Silverberg, MD, PhD, mengatakan penyakit kulit ini bisa menjadi tanda Anda sedang berada dalam suasana hati yang buruk atau gangguan depresi lainnya. Selain meredakan rasa gatal, mengobati eksim juga dapat mengurangi stres yang dirasakan.

2. Psoriasis

Penyakit kulit ini disebabkan oleh peradangan kronis dan bersifat autoimun akibat reaksi sistem kekebalan tubuh. Menurut National Psoriasis Foundation, gejala dari penyakit autoimun ini, yaitu timbul bercak yang besar, kasar, dan bersisik pada kulit Anda.

Namun, penyakit ini dapat menjadi pertanda adanya masalah pada jantung Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh yayasan tersebut, 58 persen penderita penyakit ini berpotensi mengalami penyakit jantung, dan 43 persen mengalami stroke.

Silverberg berpendapat, penyakit kulit tersebut menjadi penanda adanya inflamasi dan kemudian berkembang menjadi plak pada arteri. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rosacea

3. Rosacea

Jika mengalami kemerahan pada kulit yang disertai luka bernanah, bisa jadi Anda mengalami penyakit ini. National Rosacea Society mengungkapkan banyak orang yang tidak menyadari mereka menderita penyakit ini, sehingga tidak mendapatkan pengobatan.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, pada 2016, sebuah penelitian yang dilakukan di Annals of Neurology menunjukkan sebanyak 28 persen wanita dengan rosacea berpotensi mengalami demensia. Meski penelitian ini terbilang baru, namun jika mengalami penyakit ini, sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter. Apalagi jika Anda berusia di atas 60.

4. Vitiligo

Penyakit pada kulit ini ditandai dengan hilangnya pigmen atau warna pada kulit. Asisten Profesor Dermatologi Universitas Louisville, Courtney Schadt, MD, mengungkapkan penyakit ini disebabkan oleh sistem imun yang menyerang sel warna kulit, yaitu melanin. Schadt juga mengungkapkan salah satu penyakit autoimun lainnya yang ditandai dengan vitiligo adalah gangguan pada kelenjar tiroid.

5. Kanker kulit

Salah satu jenis kanker kulit yang mematikan adalah melanoma, atau kanker ada sel pigmen yang menghasilkan melanin. Menurut catatan American Cancer Society, penderita melanoma memiliki risiko tinggi untuk mengalami kanker lainnya, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ginjal.

Oleh sebab itu, guna mengatasi hal tersebut, American Cancer Society menyarankan Anda untuk waspadai pembatasan paparan sinar UV, tetap aktif, dan banyak mengonsumsi sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.