5 Alasan Puting Payudara Pria Terasa Sakit

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 31 Mar 2018, 07:00 WIB
Ilustrasi payudara pria

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya wanita yang merasakan sakit pada puting payudara. Pria juga merasakan hal serupa. Bahkan puting payudara pria bisa lecet, berdarah, dan gejala menyakitkan lainnya.

Ada beberapa faktor, dilansir dari Men's Health, Sabtu (31/3/2018), yang menyebabkan ketidaknyamanan puting payudara pada pria.

Kenakan pakaian olahraga yang salah

Gesekan pakaian olahraga adalah salah satu penyebab paling umum sakit pada puting payudara pria. Kondisi ini biasa terjadi saat pria sedang lari atau olahraga.

Robert Glatter, asisten profesor di Northwell Health mengatakan, kesemutan atau peningkatan kepekaan di puting juga bisa terjadi.

Kaos ketat yang tidak terbuat dari Lycra dapat menyebabkan gesekan pada puting payudara. Sebaiknya, pilih kaos Spandex untuk peregangan atau yoga. Bahan tersebut juga tidak membuat Anda berkeringat.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

2 of 3

Pakaian baru atau alergi kain

Ilustrasi olahraga
Rasa sakit pada puting bisa karena bahan pakaian.

Jika Anda bukan seorang atlet, gesekan pada puting bisa terjadi dari pakaian yang baru dibeli. Hal itu bisa sangat sensitif terhadap puting pria. Kain katun yang kasar dapat menyebabkan sensitivitas yang lebih besar.

"Bisa sebabkan alergi langsung atau dermatitis kontak (peradangan pada kulit),” kata Galtter. "Jika Anda punya riwayat eksim atau kulit kering, kondisi itu lebih berisiko terjadi."

Dalam kasus ekstrem, Anda mungkin merasa gatal-gatal, kulit kering, sensasi terbakar, dan bengkak. “Puting jadi kemerahan atau berkerak. Ada baiknya, menghindari pakaian tersebut," lanjut Glatter.

Infeksi puting

Infeksi puting juga dapat muncul dari iritasi, seperti memangkas pakai pisau cukur pada rambut puting.

“Gunting tajam dan psiau cukur bisa menyebabkan luka atau cedera tusukan. Cedera pada jaringan puting dan aureolar berakibat perdarahan dan rasa sakit. Ya, karena jaringan puting banyak pembuluh darah dan saraf yang mengalir,” Glatter menjelaskan.

Sebaiknya, segera menemui dokter. Apalagi Anda didera demam atau menggigil. Jika dibiarkan, infeksi puting cukup sulit diobati, tapi ada antibiotik untuk mengobati infeksi kulit di puting.

3 of 3

Ginekomastia

Ilustrasi payudara pria
Ginekomastia sebabkan sakit pada puting pria. (iStock)

Ginekomastia terjadi saat ada kelebihan jaringan lemak di payudara pria. Kondisi ini bisa berasal dari beberapa alasan fisiologis, seperti ketidakseimbangan faktor gaya hidup (penggunaan obat-obatan atau alkohol).

“Tak jarang ginekomastia dialami remaja. Kabar baiknya, itu biasanya hilang dengan sendirinya dalam 1-2 tahun, tanpa obat atau bedah, ”kata Glatter.

Meskipun kurang umum terjadi pada pria dewasa, kemungkinan risiko bisa terjadi.

“Obat-obatan juga bisa menjadi penyebab ginekomastia pada sekitar 10-20 persen kasus. Misal, obat-obatan untuk mengobati kecemasan (Valium atau Xanax), yang termasuk golongan obat benzodiazepin,” jelas Glatter.

Kista

Pria bisa punya kista dan infeksi pada jaringan payudara. Hal ini menyebabkan luka kecil di kulit puting dan memungkinkan bakteri kulit masuk.

"Anda memerlukan antibiotik dan kompres hangat sebagai pengobatan," kata Glatter.

Sakit pada puting menjadi tanda sesuatu yang lebih serius. Anda harus menemui dokter. Pria juga harus membiasakan diri melakukan pemeriksaan payudara sendiri.

Cara ini agar masalah pada payudara segera ditemukan dan dapat ditangani lebih dini.

Lanjutkan Membaca ↓