Sukses

Lakukan Aktivitas Ini Sejam Sebelum Bekerja, Dijamin Anda Lebih Produktif (2)

Aktivitas yang dilakukan saat memulai pekerjaan akan menentukan seberapa produktif Anda. Oleh sebab itu, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengawali aktivitas sepanjang hari agar lebih produktif.

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan sepanjang hari akan ditentukan oleh aktivitas yang Anda lakukan satu jam pertama. Hal ini dipercaya dapat membuat Anda menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Dilansir Reader Digest, Kamis (29/3/2018), melanjutkan artikel sebelumnya, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengawali aktivitas atau pekerjaan sepanjang hari agar menjadi lebih produktif.

5. Jangan minum kopi terlebih dahulu

Meminum kopi memang dapat membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas dan produktif. Hal ini karena kandungan kafein di dalamnya yang dapat membuat Anda dapat menjalani tugas-tugas penting dengan energik.

Namun demikian, pengarang buku berjudul The Productivity Project, Chris Bailey, beranggapan dengan meminum kopi lebih awal, Anda pun akan menjadi bersemangat sekaligus merasa lelah lebih cepat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda minum kopi saat membutuhkannya, seperti ketika mengantuk.

6. Putar suara yang membantu

Mendengarkan musik dengan menggunakan headphone akan membantu Anda menghilangkan gangguan. Namun demikian, usahakan untuk tidak memutar lagu-lagu yang familier, baik itu dari alunan musik dan liriknya.

Sebaiknya, pilihlah suara-suara yang dapat membantu Anda untuk menjadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas-tugas, seperti kicauan burung, rintik hujan, atau suara-suara yang halus. Mendengarkan musik-musik seperti itu dapat membuat Anda menjadi lebih produktif dalam menuntaskan pekerjaan.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat pekerjaan menjadi bermakna dengan memotivasi diri

7. Ingatkan diri Anda akan gambaran yang besar

Sebelum mengawali aktivitas sehari-hari, Anda akan cenderung berpikir akan tugas yang berat dan membosankan. Tetap berada dalam kontrol akan membuat Anda termotivasi, sehingga awali hari dengan tugas yang membuat Anda menjadi bermakna.

Kaitkan aktivitas Anda sehari-hari dengan angan-angan yang ingin Anda raih selama bekerja. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih produktif.

8. Lakukan sesuatu yang kreatif

Saat pagi hari, bagian prefrontal cortex pada otak Anda akan sedikit terhambat, sehingga Anda akan sulit untuk memikirkan sesuatu yang membutuhkan logika. Artinya, Anda tidak akan peduli tentang apa yang orang lain pikirkan terkait ide yang muncul, sehingga Anda akan cenderung untuk melontarkan ide-ide kreatif.

Setidaknya, pikiran kreatif muncul lebih dahulu daripada energi yang Anda miliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.