Sukses

5 Kebiasaan Baik Lawan Insomnia

Insomnia sebenarnya dapat dilawan dengan melakukan kebiasaan baik yang pastinya mudah untuk Anda ikuti.

Liputan6.com, Jakarta Mengalami insomnia (sulit tidur) di malam hari bukan hal yang mengenakan. Sulitnya mendapatkan tidur berkualitas di sepanjang malam mengakibatkan penderita jadi mengantuk di siang hari.

Insomnia sebenarnya dapat dicegah dengan rutin melakukan kebiasaan baik. Berikut daftar kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan untuk melawan masalah tidur ini, sehingga mendapatkan kualitas tidur yang baik, seperti dikutip dari situs Step to Health pada Selasa, 27 Maret 2018.

1. Mandi air panas

Insomnia biasanya terjadi karena tubuh yang tidak dapat melakukan relaksasi. Karena itu, mandi air panas dipercaya dapat membuat tubuh lebih rileks, yang berakibat pada meningkatnya kualitas tidur penderita.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat berendam di bak air panas selama setengah jam dan tambahkan sedikit soda kue pada bak mandi Anda.

2. Matikan perangkat elektronik

Salah satu penyebab insomnia zaman akibat ketergantungan terhadap perangkat elektronik, seperti televisi, komputer, dan telepon selular. Hal ini karena perangkat elektronik punya pengaruh buruk terhadap sistem saraf.

Oleh sebab itu, guna mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengurangi penggunaan perangkat elektronik sehari-hari. Penting bagi Anda untuk mematikan perangkat elektronik minimal dua jam sebelum tidur. Hal ini mampu membantu Anda melawan insomnia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah Insomnia

3. Mengikuti ritme matahari

Matahari dapat menjadi tanda ritme alami kehidupan. Hal ini berarti aktivitas Anda sehari-hari akan sangat baik dilakukan mulai dari terbit hingga tenggelamnya matahari.

Oleh sebab itu, bangun saat matahari terbit dan mulai menghentikan secara perlahan aktivitas ketika matahari terbenam dapat membuat Anda terbebas dari insomnia.

Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari dipercaya menjadi obat alami guna mengatasi masalah insomnia.

4. Makan malam yang sesuai

Waktu dan makan malam pun bisa menjadi faktor pemicu Anda mengalami insomnia. Hal ini karena makan malam terlalu larut dapat membuat tubuh aktif mencerna, sehingga Anda akan mengalami kesulitan tidur.

Oleh sebab itu, Anda dapat menikmati makan malam ringan setidaknya sebelum jam 8 malam. Selain itu, hindari menu makan malam yang mengandung gula, makanan cepat saji, gorengan, produk susu, daging merah, dan buah manis.

 

3 dari 3 halaman

Suasana Kamar Harus Nyaman

5. Buat suasana kamar yang nyaman untuk beristirahat

Suasana kamar memiliki pengaruh besar terhadap kualitas tidur Anda. Suasana kamar yang terlalu terang dapat membuat Anda sulit untuk tidur nyenyak.

Oleh sebab itu, Anda dapat mematikan lampu sebelum tidur, membersihkan kamar, dan mengondisikan suasana yang sunyi. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur.

    Insomnia

Video Terkini