Sukses

Perut Buncit Itu Ternyata Tumor Seberat 13 Kg

Perutnya tidak mengecil walaupun sudah kehilangan berat badan, pria ini ternyata "timbun" tumor dengan ukuran yang sangat besar

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di Amerika Serikat memiliki perut yang masih buncit walaupun sudah kehilangan berat badan. Namun, setelah diperiksa, itu adalah tumor seberat 13,6 kilogram.

Kevin Daly mengaku bahwa dia harusnya sudah kehilangan berat sekitar 15,4 kilogram. Entah mengapa dia penasaran dengan perutnya yang masih saja buncit.

Pria asal New Jersey ini akhirnya melakukan CT-Scan. Dari situlah terungkap bahwa dirinya memiliki tumor dengan ukuran yang cukup besar, yang bisa berkembang menjadi kanker.

Dilansir dari New York Post pada (28/3/2018), pria 63 tahun ini didiagnosa menderita liposarcoma, kanker yang berkembang di sel-sel lemak yang ada di jaringan lunak.

Kanker jenis itu kadang terlihat seperti jaringan lemak yang sulit dikenali ketika dilihat dengan mikroskop.

"Sebelum operasi, usus bagian kiri saya didorong ke bawah oleh tulang dada. Saya harus menyentuh kulit untuk membuat makanan saya bisa dicerna," kata Daly.

Liposarcoma berkembang dari sel-sel lemak di bagian tubuh manapun tetapi paling sering ditemukan di perut.

Sulitnya tumor itu dideteksi lebih awal, membuat organ tubuh rentan mengalami kegagalan fungsi. Itulah mengapat tumor Daly tumbuh lebih besar dari ukuran normal. Selain itu, tidak ada gejala apapun selain perutnya yang buncit.

Penyebab liposarcoma sendiri belum diketahui. Namun, beberapa percaya bahwa itu terkait dengan mutasi pada sel-sel lemak.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perut Tidak Mengempis

Rumah sakit tersebut mengakui bahwa itu merupakan tumor terbesar yang pernah mereka buang.

Beruntunglah, tumor tersebut tidak menyebabkan kegagalan pada organ di tubuhnya.

Daly sendiri kehilangan berat badan setelah melakukan operasi jantung terbuka pada 2015. Dia merasa aneh ketika melihat perutnya tidak mengempis.

"Saya pikir mereka meninggalkan beberapa benda dan peralatan waktu operasi," kata perencana keuangan itu.

Ketika melakukan operasi, dokter menemukan bahwa tumor tersebut memiliki ukuran tiga kali lipat lebih besar dari perkiraan awal mereka.

Bahkan, tumor itu telah melilit salah satu ginjal Daly. Dokter percaya dibutuhkan sekitar 10 hingga 15 tahun agar tumor itu bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.