Sukses

Pemain Kroasia Meninggal di Lapangan Usai Dada Terhantam Bola

Hasil autopsi terhadap pemain Kroasia ini, dia meninggal karena gagal jantung.

Liputan6.com, Jakarta Pemain sepak bola Kroasia, Bruno Boban, meninggal mendadak saat tampil membela klubnya NK Marsonia melawan Slavonija Pozega di laga divisi tiga Liga Kroasia pekan kemarin. Dia meninggal tak lama usai dadanya terhantam bola yang tampak tidak terlalu keras.

Dalam video detik-detik sebelum meninggal, terlihat Bruno asyik menggocek bola mendekati mistar gawang. Lalu, salah satu pemain lawan menendang bola mengenai area dada kanan pemain 25 tahun itu. Dia terlihat tampak baik-baik saja, bahkan langsung lari mengejar bola.

Mengutip USA Today, Selasa (27/3/2018) sekitar tujuh detik setelah kejadian, dia terjatuh. Wasit langsung memberi kode kepada pihak medis untuk segera memberikan pertolongan ke striker itu.

 

Tim medis langsung berlari mendekat Broban. Terlihat salah satu tim medis memberikan pertolongan pertama berupa Cardiopulmonary Resuscitation (CPR), lalu ambulans pun masuk untuk membawa Broban ke rumah sakit terdekat. Namun sayang, nyawanya tak tertolong.

Untuk mengetahui penyebab Broban meninggal, tim medis melakukan autopsi. Hasilnya, Broban meninggal karena gagal jantung seperti mengutip surat kabar Kroasia, 24sata.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa itu gagal jantung?

Gagal jantung adalah keadaan saat jantung tidak dapat melakukan fungsi pemompaan darah dengan baik. Jantung yang tidak dapat memompa darah akan menyebabkan terjadinya penumpukan darah pada ekstremitas (anggota badan, seperti lengan dan tungkai) dan paru seperti disampaikan dokter Alvin Nursalim dari Klikdokter.

Kondisi tersebut akan menyebabkan berbagai keluhan pada penderitanya, seperti sesak napas, mudah lelah dan batuk. Terdapat banyak penyebab gagal jantung, di antaranya adalah diabetes melitus, tekanan darah tinggi dan gangguan katup jantung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.