Sukses

Kacamata Hitam dan 16 Benda Ini Ternyata Bisa Kedaluwarsa (2)

Tidak hanya makanan dan minuman, ternyata beberapa benda ini bisa juga kedaluwarsa. Di antaranya bahkan bisa berpengaruh pada tubuh

Liputan6.com, Jakarta Makanan sudah pasti punya masa kedaluwarsa. Namun, beberapa benda yang tidak Anda sangka ini, ternyata juga punya batas waktu penggunaannya.

Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai 8 benda yang bisa kedaluwarsa. Dilansir dari Reader's Digest Senin (26/3/2018), beberapa benda ini juga punya masa kadaluwarsanya.

9. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan untuk pemutih dan disinfektan. Cairan itu memiliki jangka waktu simpan sekitar enam bulan setelah dibuka. Sementara, bila masih tertutup bisa bertahan sekitar tiga tahun.

10. Sepatu Lari

Semakin banyak Anda berolahraga, makin turun kualitas sepatu. Ini akan membuat gerakan berjalan menjadi tidak efisien, dan meningkatkan risiko cedera.

Kebanyakan pembuat sepatu menganjurkan untuk menggantinya setelah berjalan minimal 482.803 hingga 965.606 KM. Karena jarak ini sangat panjang, perhatikanlah bagaimana kenyamanan sepatu Anda.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semprotan Serangga

11. Helm

Helm terpapar garam dalam keringat yang membuatnya korosi. Selain itu, sinar matahari juga mempengaruhi plastiknya. Setidaknya, pengendara motor harus mengganti penutup helm setiap dua tahun.

12. Semprotan Serangga

Semprotan serangga yang sudah kedaluwarsa, tidak akan menghindarkan Anda dari serangan serangga seperti nyamuk. Paling lama, benda itu bertahan hingga tiga tahun.

Produk tersebut akan turun kualitasnya dan tidak bisa melakukan fungsinya untuk membunuh serangga.

13. Maskara

Para ahli merekomendasikan untuk membuang maskara sekitar tiga bulan setelah dibuka. Riasan tersebut bisa terkontaminasi bakteri. Akan berbahaya jika digunakan di dekat mata.

Jika produk itu mengering sebelum tiga bulan, lebih baik segera dibuang. Mencoba melembabkannya dengan air hanya akan menambah bakteri.

 

3 dari 3 halaman

Alat Cuci dan Pelembab

14. Spons gambas

Loofah atau spons gambas yang biasa digunakan untuk mencuci atau mandi, mungkin tidak terlalu bersih. Sel kulit mati, bisa terperangkap di celah-celah benda itu. Membasahinya hanya akan membuatnya lebih sulit untuk kering, serta membuat bakteri berkembang.

Untuk itulah, disarankan mengganti alat ini setiap tiga hingga empat minggu.

15. Baterai

Perhatikan tanggal kedaluwarsa baterai. Bagian benda itu bisa korosi setiap waktu. Lithium bisa rusak dan membuatnya sulit mengalirkan listrik. Baterai mungkin tidak berbahaya, namun fungsinya tidak akan sama seperti yang baru.

16. Pelembab

Pelembab yang telah dibuka lebih daru dua tahun tidak akan sama manfaatnya seperti yang baru. Selain itu, ketika Anda menaruh jari di tempatnya, bakteri bisa berkembang biak. Untuk menghindari kuman, gantilah setiap enam bulan sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.