Sukses

Kacamata Hitam dan 16 Benda Ini Ternyata Bisa Kedaluwarsa (1)

Tidak hanya makanan dan minuman, ternyata beberapa benda ini bisa juga kedaluwarsa. Di antaranya bahkan bisa berpengaruh pada tubuh

Liputan6.com, Jakarta Makanan sudah pasti punya masa kedaluwarsa. Namun, beberapa benda yang mungkin tidak Anda sangka ini, juga punya batas waktu penggunaannya.

Dilansir dari Reader's Digest Senin (26/3/2018), beberapa benda ini juga punya masa kedaluwarsa. Langsung Anda catat!

1. Kursi Mobil

Untuk memastikan kursi mobil nyaman dan aman, pastikan Anda memasang sabuk pengaman dengan benar dan juga, melihat batas waktu penggunaannya.

Setiap kursi mobil ternyata punya tanggal kedaluwarsa yang dicetak di bagian bawah tempat duduk. Umur kursi bervariasi tergantung tanggal pembuatan dan merek. Ada yang enam hingga sepuluh tahun tergantung jenis kursinya.

2. Tabir Surya

Para ahli mengatakan bahwa tabir surya biasanya hanya efektif selama tiga tahun. Setelah itu, manfaatnya akan mulai pudar.

Mayo Clinic menyarankan Anda untuk mencatat tanggal pembelian di botol, untuk tahu kapan saat yang tepat membuangnya. Pastikan juga tabir surya tersebut memiliki tanggal kedaluwarsa.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kacamata Hitam

3. Bensin

Anda perlu waspada jika bengkel menyimpan persediaan bensin hingga lima tahun. Perlu diketahui, konsistensi minyak bisa berubah dan akan berdampak pada kinerja mesin.

4. Kantung Teh

Kualitas teh akan berkurang selama dua tahun. Sehingga, jika Anda membuat teh hanya saat-saat tertentu saja, kantung tersebut tidak akan sama kualitasnya ketika masih segar.

5. Kacamata Hitam

Kacamata hitam bisa melindungi Anda dari sinar matahari, serta sinar ultraviolet penyebab kanker dan katarak. Namun, kacamata hitam juga punya tanggal kedaluwarsanya.

Anda tidak perlu mencari batas pemakaian kacamata hitam karena itu sia-sia. Padahal menurut peneliti di Universitu of Sao Paulo, Brasil, seiring berjalannya waktu, kacamata hitam akan berkurang kualitasnya. Hal ini dikarenakan pemakaian dan goresan yang merusak lensa.

 

3 dari 3 halaman

Sabun dan Pasta Gigi

6. Cat

Para ahli lukisan merekomendasikan untuk membuang cat apapun yang sudah terbuka dengan umur dua hingga empat tahun. Cat minyak yang belum dibuka sesungguhnya masih bagus hingga 15 tahun, dan cat lateks bisa bertahan hingga 10 tahun. Selain itu, bila cat berjamur atau kering, buang itu tanpa memikirkan soal waktu.

7. Pasta Gigi

Masa kedaluwarsa pasta gigi tergantung dari produsen dan merek. Beberapa pasta gigi baik digunakan hingga dua tahun setelah tanggal pembuatan.

Namun, jika Anda memiliki beberapa pasta gigi sisa yang tidak terpakai, gunakan itu untuk pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan setrika.

8. Sabun Batangan

Sabun tidak akan membuat tubuh bersih jika sudah kedaluwarsa. Para ahli menyarankan untuk tidak menyimpannya lebih dari tiga tahun. Tanda-tanda sabun yang sudah terlalu lama di antaranya kering dan retak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.