Sukses

Tips Akali Cemburu agar Jadi Bumbu, Bukan Racun Hubungan

Cemburu itu wajar. Namun, bagaimana agar hal itu tidak meracuni hubungan Anda?

Liputan6.com, Jakarta Kecemburuan merupakan sebuah hal yang normal dalam sebuah hubungan. Rebecca Hendrix, terapis hubungan di New York mengatakan: "Jika Anda manusia, pasti akan cemburu di suatu waktu."

Namun, jika Anda terus menerus merasa cemburu hanya akibat mantannya menyukai foto pasangan di Instagram, itu bisa menjadi sebuah peringatan.

"Seberapa besar kecemburuan yang hadir dan bagaimana Anda menghadapinya, itu menentukan apakah cemburu bisa merusak hubungan," tambah Hendrix dilansir dari Women's Health pada Minggu (25/3/2018).

Untuk itulah, ada beberapa saran yang patut dilakukan agar rasa cemburu tidak merusak hubungan Anda.

1. Memberikan Jeda

"Rasa cemburu kebanyakan ada karena persepsi yang kita miliki tentang perilaku pasangan," kata Hendrix. Daripada memikirkan itu, lebih baik kita memberikan jeda pikiran pada diri sendiri.

Jernihkan pikiran dengan mandi, jalan-jalan atau tidur. Jika masih merasa kesal, pikirkan apa yang sesungguhnya mengganggu pikiran Anda.

"Pasangan yang sehat mendiskusikan perasaan cemburu dan membiarkan itu pergi," tambah Hendrix.

2. Beritahu Perasaan

Ketimbang menuduh, lebih baik beritahu pasangan tentang apa yang mengganjal.

"Jika pasangan menggoda orang lain, beritahu dia tentang apa yang Anda rasakan. Beritahu mereka bahwa tindakan itu mempengaruhi diri Anda," kata Hendrix.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikan Batasan

3. Berikan Batasan

Untuk menghindari kecemburuan, beirkan mereka batasan dalam perilaku.

"Katakan pada pasangan bahwa Anda ingin menjalin hubungan dengan seseorang, yang memiliki kesadaran diri yang besar, dan memiliki batasan dengan teman-temannya," tambah Hendrix.

Sehingga, jika dia melakukan apa yang menurut Anda tidak pantas, putuskan apakah dia sudah kelewat batas dan bersedia menanggung risikonya.

4. "Bercermin"

Terkadang kecemburuan berasal dari hal-hal remeh seperti soal ucapan selamat ulang tahun. Namun, hal itu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

UNtuk itulah Hendrix menyarankan agar Anda juga bercermin dan melihat diri sendiri untuk "menyembuhkan" diri dari hal ini.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Biarkan Luka Lama

5. Jangan Membiarkan Luka Lama Jadi Masalah di Hubungan Yang Baru

"Jika Anda ditipu dalam hubungan yang terakhirl, lalu memiliki masalah kecemburuan yang tidak rasional, mungkin saatnya menyembuhkan luka lama," kata Hendrix.

Memang menyebalkan ketika menyamakan pasangan saat ini dengan mantan. Namun, lebih baik bicara tentang apa yang mengganggu dari mantan di masa lalu, kepada pasangan Anda yang sekarang.

6. Jangan Biarkan Rasa Takut Menang

Seringkali, cemburu sama dengan rasa takut. Menurut Hendrix Anda harus ingat paling tidak tiga hal, tentang apa yang membuat pasangan mencintai Anda.

7. Berikan Diri Sendiri Cinta

"Sangat mudah untuk menyalahkan diri sendiri, ketika Anda merasa cemburu dan tidak berdaya," kata Hendrix. Untuk itulah, berikan rasa cinta pada diri Anda sendiri.

Berikan tiga kata pujian pada diri sendiri setiap hari. Olahraga juga bisa membantu hal itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.