Sukses

Konsumsi Makanan yang Bikin Bau Badan tak Sedap (2)

Liputan6.com, Jakarta Bau badan bisa menjadi hal yang sangat mengganggu. Meski sudah menjaga kebersihan dan menggunakan parfum, Anda mungkin masih dijauhi orang di sekitar karena bau badan yang sangat mengganggu.

Dilansir dari Step to Health, Sabtu (24/3/2018), bau badan tidak sedap bisa disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut adalah sebelas makanan yang dapat memperburuk bau badan Anda.

6. Sosis

Seperti makanan cepat saji dan daging merah, sosis juga dapat menyebabkan bau badan tidak sedap. Hal ini karena sosis mengalami pembusukan sedemikian rupa di dalam saluran pencernaan, yang menyebabkan peningkatan asam lambung dan gas. Maka, tak heran jika Anda mengalami bau badan tidak sedap.

7. Asparagus

Meski enak dan menyehatkan, sayur yang biasa Anda temui di sup ini dapat menyebabkan bau tidak sedap yang berasal dari dalam tubuh, yaitu urine. Hal ini karena kandungan mercaptan sulfur pada asparagus yang akan dikeluarkan melalui urine.

8. Ikan

Makanan ini hanya akan menyebabkan bau badan tidak sedap pada orang-orang tertentu saja. Orang-orang tersebut yaitu mereka yang menderita penyakit metabolik keturunan, yang biasa disebut dengan trimethylaminuria.

Mereka yang mengalami penyakit ini akan sulit untuk mencerna ikan. Akibatnya, racun yang menyebabkan bau amis pada ikan pun akan sulit untuk disingkirkan, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

9. Kol dan rrokoli sebabkan bau badan

Sayuran ini memang terasa sedap ketika sudah menjadi menu makanan. Namun demikian, kandungan belerang membuat kol dan brokoli menjadi salah satu sayuran yang menyebabkan bau badan tidak sedap.

Meski dapat membuat tubuh beraroma seperti telur busuk, namun bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali. Hal ini karena kandungan antioksidan dan nutrisi yang dimiliki oleh kol dan brokoli.

10. Kopi

Bagi para pecinta kopi, mungkin Anda sering mengalami masalah dengan bau badan. Hal ini memang benar karena kandungan kafein pada kopi dapat menstimulasi kelenjar keringat. Hal ini akan membuat tubuh lebih berkeringat, sehingga menjadi awal dari munculnya bau badan tidak sedap.

11. Bawang merah

Layaknya bawang putih, salah satu jenis bumbu dapur ini dapat juga dapat menyebabkan bau badan tidak sedap. Hal ini karena kadar minyak dalam bawang merah diserap dalam darah, lalu disaring melalui paru-paru Anda.

Hal inilah yang menyebabkan aroma napas menjadi tidak enak dicium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.