Sukses

Konsumsi Makanan yang Bikin Bau Badan tak Sedap (1)

Liputan6.com, Jakarta Bau badan sudah pasti menjadi hal yang sangat mengganggu. Meski sudah menjaga kebersihan dan menggunakan parfum, Anda mungkin masih dijauhi orang di sekitar karena bau badan yang sangat mengganggu.

Dilansir dari Step to Health, Sabtu (24/3/2018), bau badan tidak sedap bisa disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Berikut sebelas makanan yang dapat memperburuk bau badan Anda.

1. Daging Merah

Daging merah menjadi salah satu makanan yang membuat bau badan tidak sedap. Guna membuktikan hal ini, ilmuwan dari Universitas Charles, Praha melakukan penelitian dengan mengumpulkan sampel keringat orang-orang yang mengonsumsi daging merah. Setelah itu, mereka mengumpulkan sampel keringat dari orang-orang yang mengonsumsi sayur-sayuran.

Setelah itu, mereka meminta sekelompok wanita mencium sampel keringat dari dua kelompok yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bau tidak sedap muncul dari keringat orang-orang yang mengonsumsi daging merah.

2. Bawang Putih

Meski diyakini memiliki banyak manfaat, bawang putih menjadi salah satu alasan mengapa bau badan Anda menjadi tidak sedap. Selain menyebabkan bau mulut, bawang putih juga dapat membuat bau badan tidak sedap.

Hal tersebut karena bawang putih mengandung zat volatil yang dilepaskan melalui keringat. Zat tersebut juga diserap oleh darah dan paru-paru Anda. Hal inilah yang menjadi penyebab bau badan dan mulut yang tidak sedap.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Makanan yang dimasak dengan minyak terhidrogenasi

Salah satu penyebab bau badan tak sedap adalah makanan cepat saji. Makanan itu diolah dengan minyak yang terhidrogenasi, sehingga cepat terurai dalam tubuh. Sebelum Anda menghabiskan makanan tersebut, tubuh mulai mengeluarkan aroma tidak sedap.

Selain itu, ketika berkeringat, kulit Anda akan lebih mudah berminyak. Oleh sebab itu, tidak masalah jika Anda tidak beraktivitas untuk sementara waktu, sehingga tidak mengeluarkan keringat.

4. Kari

Meski terasa nikmat, makanan khas India ini ternyata dapat menyebabkan bau badan tidak sedap. Hal ini berasal dari salah satu rempah-rempah khas kari, yaitu jinten. Ketika menyantap hidangan ini, kemudian berolahraga, Anda akan berkeringat dan aromanya sangat mengerikan. Ditambah lagi, aroma ini akan tetap bertahan meski Anda sudah mandi.

5. Minuman beralkohol

Bagi para penikmat minuman beralkohol, sebaiknya berpikirlah kembali untuk mengonsumsinya. Hal ini karena minuman ini dapat membuat bau badan Anda menjadi tidak enak dicium.

Minuman ini bisa menjadi sumber bau badan karena alkohol yang masuk ke tubuh Anda akan mengalir di dalam darah. Setelah itu, alkohol akan tertinggal di pori-pori dan napas Anda.

Hal inilah yang menyebabkan napas Anda akan berbau mengerikan setelah mengonsumsi minuman beralkohol.

Bersambung..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.