Sukses

Hati-Hati, Kesehatan Gigi yang Buruk Bisa Picu Penyakit Jantung

Sejak kecil, Anda mungkin diajarkan untuk menjaga kesehatan mulut dengan rajin menyikat gigi. Ternyata hal itu sangat penting, terutama dalam membantu Anda terhindar dari penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil, kita diajari untuk menyikat gigi secara teratur. Tujuannya agar kebersihan dan kesehatan mulut terjaga. Jika abai menjaga kesehatan mulut, ada konsekuensi yang diterima. Tubuh akan menghadapi masalah serius, salah satunya yaitu penyakit jantung.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (22/3/2018), selama 20 tahun terakhir, beberapa otoritas kesehatan memerhatikan secara khusus perawatan gigi yang dapat mencegah bahaya penyakit jantung. Profesor Kedokteran Klinis dari Universitas California, William Watt Kerr dan Dr. Ann Bolger, M.D., memercayai gagasan tentang masalah pada rongga mulut dapat menjadi rambu bagi kondisi kesehatan jantung.

Gagasan tersebut berdasarkan pada hubungan antara penyakit gusi dan aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Aterosklerosis merupakan salah satu penyakit jantung di mana terjadi penyumbatan pembuluh darah oleh lemak.

Namun, hal ini masih menjadi perdebatan. AHA (American Heart Association) meninjau penelitian terkait hubungan penyakit gusi dengan aterosklerosis. Dari tinjauan tersebut, asosiasi itu tidak menemukan secara pasti penyakit gusi dapat menyebabkan masalah pada jantung.

Meski demikian, penyakit gusi seperti periodontitis memiliki faktor risiko yang sama dengan penyakit jantung, yakni usia, diabetes, dan perilaku merokok. Hal ini menunjukkan adanya hubungan otonom antara penyakit gusi, yang terkait dengan kesehatan mulut, dengan penyakit jantung.

 

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gejala penyakit gusi dan cara menjaga kesehatan mulut

Penyakit rongga mulut, terutama gusi, umumnya ditandai oleh lima gejala berikut ini: 

1. Gusi bengkak, berwarna merah terang

2. Gusi berdarah saat Anda menyikat gigi

3. Gusi tampak menjauh dari gigi

4. Napas tidak segar disertai bau mulut

5. Gigi yang goyah dan menjauh satu sama lain

Untuk mencegah terjadinya masalah pada gusi, sebaiknya lakukan pemeriksaan gigi secara berkala dan menyikat gigi dengan teratur dan benar. Ini tak hanya membuat senyum lebih indah, tapi juga memungkinkan Anda untuk terhindar dari penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.