Sukses

Rajin Makan Ini, Kemungkinan Kena Kanker Payudara Sirna

Risiko kena kanker payudara berkurang sampai 30 persen jika setiap hari memperbanyak asupan makanan ini.

Liputan6.com, Jakarta Kanker payudara masih menjadi momok para perempuan Indonesia. Jika ingin menurunkan risiko kena kanker ini, ada cara sangat sederhana yang bisa Anda lakukan, yaitu rajin makan buah dan sayur.

"Penelitian mengungkapkan seorang wanita yang makan buah dan sayur empat kali sehari berkurang kemungkinan kena kanker payudara hingga 30 persen," kata Ketua Yayasan Kanker Indonesia Aru Wicaksono Sudoyo.

Aru menyarankan pada saat makan selalu menyertakan buah dan sayur, termasuk saat sarapan. "Sarapan kan dengan bubur ayam, emang ada buah dan sayur? Jadi tolong ada buah dan sayur saat makan."

Tak cuma memperbanyak makan buah dan sayur, pastikan juga mengonsumsi makanan sehat lainnya dengan gizi seimbang. Pastikan juga tidak makan secara berlebihan.

"Makan berlebihan membuat jadi lemak, lemak mengurangi fungsi insulin, hal ini bisa memengaruhi pertumbuhan sel kanker. Yang tadinya kanker baru mau tumbuh eh jadi (karena makan berlebihan)," kata Aru di sela-sela The Economist's War on Cancer South East Asia di Jakarta ditulis Rabu (21/3/2018).

Selain menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh, Aru juga mengingatkan rutin berolahraga serta menjaga berat badan ideal.

"Tiga komponen itu amat berpengaruh menurunkan kanker (termasuk kanker payudara)."

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan lupa deteksi dini kanker

Selain menjalankan gaya hidup sehat, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah rutin deteksi dini. Semakin dini kanker ditemukan, kesempatan untuk sembuh meningkat.

"Kanker ditemukan dalam stadium dini dapat disembuhkan, jadi penting sekali pap smear, IVA (Inspeksi Visual Asetat), pemeriksaan SADARI (perikSA payuDAra sendiRI). Itu akan menentukan, kalau pun ada tumor atau kanker, ditemukan di stadium amat dini," pesannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.